OPTIMASI PROSES IMPOR KOMPONEN KAPAL PADA SUPPLY CHAIN MANAGEMENT MENGGUNAKAN MONTECARLO

Harun Alrosyid, Lukmandono Lukmandono, Rony Prabowo

Abstract


Perusahaan galangan kapal dituntut untuk bertahan dalam situasi yang sulit, kompetisi antar perusahaan galangan kapal untuk mendapatkan order memaksa mereka untuk memperbaiki kinerja perusahaan dengan segala cara, agar tetap dapat bertahan hidup (survive), berkembang (growth) dan tetap mempertahankan pangsa pasar mereka (market share). Supply Chain Management (manajemen rantai pasok) adalah salah satu cara untuk bisa meningkatkan daya saing terhadap kompetitor galangan kapal yang lain, dimana salah satu key factor atau faktor utama dari kesuksesan manajemen rantai pasok adalah kedatangan material / komponen tepat waktu. Kerjasama yang baik, efektif, efisien dan saling
menguntungkan diantara mata rantai yang ada sangat diperlukan untuk memberikan produk terbaik yang bisa diserahkan kepada Owner/ultimate customer. Kondisi industri penunjang komponen lokal yang belum
banyak berkembang menyebabkan sebagian besar komponen kapal masih harus diimpor dari luar negeri, sehingga menjadi sangat penting bagaimana meminimalkan waktu dan biaya impor komponen kapal
tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk: melakukan optimasi proses impor komponen kapal dengan menggunakan metode montecarlo.
Dari hasil perhitungan dengan montecarlo diperoleh waktu dan biaya paling optimal untuk proses impor pada komponen yang diteliti dengan hasil yang berbeda untuk 5 tahun kedepan, tergantung dengan jenis komponen yang diimpor.

Keywords


manajemen; rantai; pasok; montecarlo; optimasi

Full Text:

PDF

References


Iskendar (2016) Peluang Pengembangan Industri Komponen Kapal Nasional, Engineer Weekly No 04 W IV Mei 2016, hal.4.

Simchi-Levi, D., Kaminski, P., and Simchi-Levi, E. (2000). Designing and managing the supply chain: Concept, strategies, and case studies. Irwin McGraw-Hill.

Siringo, A. M. (2017)Simulasi Optimalisasi Jadwal Keberangkatan Kapal Ferry Dengan Metode Monte Carlo (Studi Kasus Di Pelabuhan International Sekupang Batam), hal. 84.

Ricky, Z. (2018)Optimasi kegiatan pelatihan menggunakan metode simulasi monte carlo(studi kasus di balai latihan kerja dinas tenaga kerja dan transmigrasi provinsi bengkulu)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.