IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI DI SD INKLUSI

Hendra Erik Rudyanto, Dewi Tryanasari, Fresilia Yela Fenta Purnama

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran literasi di Sekolah dasar
Inklusif kota Madiun yang meliputi, keterlibatan kepala sekolah, proses guru dalam menyusunan RPP,
karakteristik RPP dan hambatan yang dirasakan oleh guru dalam sekolah dasar Inklusi.Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan di tiga sekolah dasar di Kota Madiun yaitu SDN 02 Taman,
SDN 02 Winongo dan SDN Sukosari. Dengan subyek penelitian yang mencakup kepala sekolah dan guru
kelas satu. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Analisis data yang
dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Keterlibatan kepala sekolah dalam perencanaan
pembelajaran literasi dengan membuat berbagai program yang berkaitan dengan literasi dalam SDN
Inklusi, 2) Proses penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP) guru dengan mengikuti KKG, 3) Karakteristik
RPP di SDN Inklusi sama dengan SDN biasa pada umumnya hanya berbeda cara mengajar yang dilakukan
oleh guru di kelas, 4) hambatan yang dirasakan guru adalah dalam proses penilaian dan hasil belajar serta
KKM yang berbeda antara anak berkebutuhan khusus dan anak normal.


Keywords


Literasi, Inklusi, SD

Full Text:

PDF

References


Emzir. (2011).Metodologi Penelitian Kualitatif, Analisis Data.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hartini & Rudyanto, H.E. (2018). Tari Orek-Orek Sebagai Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis

Kearifan Lokal Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Ngawi. Jurnal Edukasi, 4(2), 14-28.

Malawi, I., Tryanasari, D., & Riyanto, E. (2017). Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Madiun:

CV. AE Media Grafika

Miles, M.B., & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode

Baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Purwanto, W.E. (2007). Menghidupi Tradisi Literasi: Problematika bagi Siswa, Guru, Sekolah, dan

Negara. www.titikkoma.com/esai (diakses pada 12 Januari 2019).

Rudyanto, H.E., & Retnoningtyas, W. A. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Pembelajaran

Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi llmiah Dasar, Universitas PGRI Madiun,

Vol. 1, hal. 34-43.

Rudyanto, H.E., Mursidik, E.M. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika di SD. Madiun:

Program Studi PGSD Universitas PGRI Madiun

Smith, J.D. 2006. Inklusi Sekolah Ramah Untuk Semua. Bandung: Nuansa.

Surangga, I.M.N. (2017). Mendidik Lewat Literasi untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan

Mutu Lembaga Penjaminan Mutu Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar, 3(2), 155-163.

Tarmansyah. (2009). Pelaksanaan Pendidikan Inklusif di SDN Negeri 03 Alai Padang Utara Kota

Padang (Studi Pelaksanaan Pendidikan di Sekolah Ujicoba Sistem Pendidikan

Inklusif).Pedagogia: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(1), 1-16.

Tryanasari, D., Aprilia, S., & Cahya, W.A. (2017). Pembelajaran Literasi di SDN Rejosari 1 Kecamatan

Kawedanan Kabupaten Magetan. Jurnal Premiere Educandum , 7(2), 173-179.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.