EVENT MARKETING NYADRAN DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN KE SIDOARJO

As’at Rizal, Alshaf Pebrianggara, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui event marketing nyadran dalam meningkatkan kunjungan
wisatawan ke Sidoarjo. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,
observasi, dokumentasi. Analisa data menggunakan metode Miles Haberman.
Hasil penelitian menunjukkan kegiatan event marketing nyadran belum mempengaruhi kunjungan
wisatawan ke Sidoarjo, hal ini disebabkan berbagai factor diantaranya jumlah peserta nyadran berkurang
dan juga kurangnya dukungan para stakeholder yang terlibat sehingga kegiatan kurang semarak dan
Pemerintah Sidoarjo belum menjadikan event marketing nyadran bagian dari kegiatan promosi wisata
walaupun masyarakat melakukan event nyadran setiap tahunnya yang dikaitkan dengan budaya dalam
bentuk rasa syukur atas rezeki yang didapat dari Tuhan Yang Maha Esa.


Keywords


Event Marketing, Nyadran, Wisatawan

Full Text:

PDF

References


Aestethika, N. M. (2012). Strategi Promosi melalui event festival. Strategi Promosi Wisata Pulau

Bawean Melalui Event Festival Molod Bawean.

Bowdin, Glenn A.J, D. (2011). Event Management. Elsevier. Britain.

Marpaung, H. (2002). Pengetahuan Kepariwisataan. Bandung: Alfabeta.

Middleton, & T.C, V. (2001). Marketing in Travel Tourism. Butterworth Heineman. London.

Moleong, L. J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. (2011). Advertising Edisi 8. Kencana Prenada Media Grup.

Jakarta.

Mumfanganti, T. (2007). Tradisi Ziarah Makam Leluhur Pada Masyarakat Jawa. Jantra : Jurnal Sejarah

Dan Budaya, 152–158.

Pitana, I. G., & Diarta, I. K. S. (2009). Pengantar Pariwisata. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Pitana, I. G., & G, G. P. (2005). Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Pudjiastuti, W. (2010). Special Event Alternatif Jitu Membidik Pasar. Jakarta: PT Elex Media

Komputindo.

Suwantono, G. (2007). Dasar-Dasar pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Wagen, L. Van Der. (2006). Event Manajemen. Australia: Pearson Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.