ANALISIS PENERAPAN MEDIA PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS

Eka Resty Novieta Sari, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran dengan menggunakan prezi untuk
meningkatkan pemahaman matakuliah bahasa Inggris. Penelitian ini dilakukan di Universitas PGRI Madiun
Tahun Akademik 2017/2018. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research). Berdasarkan
temuan penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media prezi dapat meningkatkan hasil
belajar bahasa Inggris kelas 2B, Prodi PGSD. Peningkatan ini ditunjukkan dengan ketercapaian rata-rata
skor pemahaman konsep siklus I sebesar 73 dengan ketuntasan 69% dan pada siklus II sebesar 83 dengan
ketuntasan 94%. Jadi dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan sebesar 25%. Hal ini menunjukkan
bahwa penerapan model pembelajaran dengan menggunakan media prezi ini dapat meningkatkan hasil
belajar mahasiswa.


Keywords


pembelajaran bahasa Inggris, media prezi

Full Text:

PDF

References


Embi, Muhammad. 2011. Aplikasi Web 2.0 dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Selangor: Universiti

Kebangsaan Selangor.

Lina, Marisa. 2016. Prezi: a zooming presentation tool to teach speaking viewed from students’

creativity (An Experimental Study at the Second Semester Students of English Education

Department of IAIN Salatiga in the Academic Year of 2015/2016). UNS

Suryani, dkk. 2015. Penggunaan Media Prezi Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk

Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik SMA Negeri 1 lhoksukon. Jurnal EduBio Tropika,

Volume 3, Nomor 1, hal: 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.