INTERNALISASI NILAI RELIGIUS DALAM MEREDUKSI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK

Asroful Kadafi, Rizki Ramatus Mardiyah, Ninik Komsiya Desy Rahmawati

Abstract


Prokrastinasi akademik hampir selalu dilakukan oleh siswa maupun Mahasiswa, tidak terkecuali
pada mahasiswa tingkat akhir yag sedang menyusun skripsi. Prokrastinasi akademik dapat berdampak
negetaif, seperti pada menurunnya capaian prestasi akademik mahasiswa. Salah satu faktor penyebab
mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik adalah tingat religiusitas. Sehingga religiusitas bisa
dijadikan alternative intervensi dalam menurunkan prokrastinasi akademik mahasiswa. Strategi
internalisasi nilai religiusitas dapat melalui layanan konseling Islami. Temuan penelitian (Kadafi,
Rahmatus, & Komsiya, 2018) menunjukan konseling Islami efektif untuk menurunkan prokrastinasi
akademik Mahasiswa BK Universitas PGRI Madiun.


Keywords


Perilaku Prokratinasi Akademik, Religiusitas, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Abbasi, I. S., & Alghamdi, N. G. (2015). The Prevalence, Predictors, Causes, Treatment, and

Implications of Procrastination Behaviors in General, Academic, and Work Setting. International

Journal of Psychological Studies. https://doi.org/10.5539/ijps.v7n1p59

Al-Quran. (2015). Departemen Agama RI. Bandung: CV Darus Sunnah.

Andayani, T. R., & Karyanta, N. A. (2011). Model pembelajaran regulasi diri untuk menurunkan

prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Jurnal Wacana. https://doi.org/10.1093/her/17.3.327

Azima, M. F. N. T., & Gusniarti, U. (2016). . “Pengaruh Pelatihan Shalat untuk Menurunkan

Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa.” JIP: Jurnal Intervensi Psikologi 8.1.

Aziz, A., & Rahardjo, P. (2013). Faktor-faktor prokrastinasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir

yang menyusun skripsi di universitas muhammadiyah purwokerto tahun akademik 2011/2012.

Psycho Idea. https://doi.org/10.3917/dev.123.0215

Díaz-Morales, J. F., Ferrari, J. R., Díaz, K., & Argumedo, D. (2006). Factorial structure of three

procrastination scales with a Spanish adult population. European Journal of Psychological

Assessment. https://doi.org/10.1027/1015-5759.22.2.132

Ferrari, J. R., & Díaz-Morales, J. F. (2007). Procrastination: Different time orientations reflect different

motives. Journal of Research in Personality. https://doi.org/10.1016/j.jrp.2006.06.006

Ferrari, J. R., Harriott, J. S., & Zimmerman, M. (1998). The social support networks of procrastinators:

Friends or family in times of trouble? Personality and Individual Differences.

https://doi.org/10.1016/S0191-8869(98)00141-X

Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination Research. In Procrastination

and Task Avoidance. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0227-6_2

Hayyinah. (2004). Religiusitas dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Psikologika.

Jannah, M. (2014). PROKRASTINASI AKADEMIK (PERILAKU PENUNDAAN AKADEMIK)

MAHASISWA FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA.

Jurnal BK UNESA.

Kadafi, A., Rahmatus, R., & Komsiya, N. (2018). Efektifitas Konseling Islami untuk Menurunkan

Prokrastinasi Akademik Mahasiswa BK Universitas PGRI Madiun. Universitas PGRI Madiun.

Lee, E. (2005). The relationship of motivation and flow experience to academic procrastination in

university students. Journal of Genetic Psychology. https://doi.org/10.3200/GNTP.166.1.5-15

Mandel, H. P. (2004). Constructive confrontation: Cognitive-behavioral therapy with one type of

procrastinating underachiever. In Counseling the procrastinator in academic settings.

https://doi.org/10.1037/10808-009

Özer, B. U., Demir, A., & Ferrari, J. R. (2009). Exploring academic procrastination among turkish

students: Possible gender differences in prevalence and reasons. Journal of Social Psychology.

https://doi.org/10.3200/SOCP.149.2.241-257

Ramadhan, R. P., & Winata, H. (2016). Prokrastinasi akademik menurunkan prestasi belajar siswa.

Pendidikan Manajemen Perkantoran.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1988). Procrastination assessment scale–students. In Dictionary of

Behavioral Assessment Techniques. https://doi.org/10.1037/t09250-000

Susanti, E., & Nurwidawati, D. (2014). Hubungan antara kontrol diri dan konformitas dengan

prokrastinasi akademik pada mahasiswa program studi psikologi UNESA. Character.

Tibbett, T. P., & Ferrari, J. R. (2015). The portrait of the procrastinator: Risk factors and results of an

indecisive personality. Personality and Individual Differences.

https://doi.org/10.1016/j.paid.2015.03.014

Uzun Ozer, B., Demir, A., & Ferrari, J. R. (2013). Reducing Academic Procrastination Through a Group

Treatment Program: A Pilot Study. Journal of Rational - Emotive and Cognitive - Behavior

Therapy. https://doi.org/10.1007/s10942-013-0165-0


Refbacks

  • There are currently no refbacks.