KELAYAKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN KARAKTER NILAI BUDAYA

Asri Musandi Waraulia, Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Penelitian yang mengacu pada model pengembangan Borg dan Gall ini bertujuan untuk
mengembangkan perangkat pembelajaran menulis naskah drama dengan karakter nilai budaya. Tahapan
tersebut terdiri atas yaitu tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, tahap perencanaan, tahap
pengembangan format produksi awal, tahap uji coba awal, tahap revisi produk, tahap uji coba lapangan,
tahap revisi produk, tahap uji lapangan, tahap revisi produk akhir, dan desiminasi dan implementasi.
Kesepuluh langkah tersebut dibagi menjadi empat fase utama, (1) tahap pendahuluan, (2) tahap
pengembangan model, (3) tahap pengujian model, dan (4) tahap diseminasi dan implementasi model. Hasil
penelitian ini dapat dijabarkan bahwa proses pengembangan perangkat pembelajaran ditunjukkan pada
tahap-tahap sebagai berikut. Validasi perangkat pembelajaran dinilai oleh tiga validator, yaitu validator
kebahasaan, validator sastra, dan validator desain grafis. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat
pembelajaran termasuk dalam kategori baik karena persentase ≥ 75%. Hasil uji coba terbatas pada tujuh
siswa SMP dihasilkan data observasi, wawancara, dan angket siswa. Ketiga data tersebut menunjukkan
bahwa pengembangan perangkat pembelajaran menulis naskah drama dengan karakter nilai budaya yang
dikembangkan sudah layak untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran menulis naskah drama.


Keywords


Perangkat, Menulis Naskah Drama, dan Karakter Nilai Budaya

Full Text:

PDF

References


Borg, W. R., & Meredith D. G. 2003. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Djiwandono, Sri Esti Mulyati. Psikologi Pendidikan. Grasindo

Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajran Bahasa. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE

Satoto, Soediro. 2012. Analisis Drama dan Teater Bagian 1. Yokyakarta: Ombak.

Slamet, St. Y. 2008. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Lembaga

Pengembangan Pendidikan (LPP) UNS.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosida Karya.

Tarigan, Henry Guntur. 1983. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.