PENGEMBANGAN MODEL SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN TINDAKAN KELAS UNTUK PENINGKATAN MUTU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN DI FKIP UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Teguh Suharto, Dwi Setiyadi, Elly’s Mersina Mursidik, Ermi Adriani Meikayanti

Abstract


Pendidik merupakan pilar penting dalam pembekalan pengetahuan, pembentukan sikap kepribadian
dan keterampilan peserta didik agar menjadi insan yang cerdas, berbudi pekerti luhur, kreatif, dan ikut
bertanggung jawab demi kemajuan bangsa dan negara. Untuk keperluan itu, pendidik harus memiliki
kompetensi akademis, pedagogis, dan profesional yang memadai. Pendidik harus mampu menyiapkan
rencana pembelajaran dengan baik dan benar, terampil mengembangkannya dalam praktik pembelajaran di
kelas. Untuk memenuhi harapan di atas, LPTK perlu mengembangkan program pelatihan calon guru yang
sistematis, efektif, dan berkesinambungan melalui PPL. Melalui PPL mereka praktik nyata mengalami real
teaching di sekolah. Model supervisi klinis dan pendekatan tindakan kelas relevan dengan karakteristik dan
langkah pada PPL. Dengan bimbingan profesional melalui klinis yang sistematis setelah praktek mengajar,
bimbingan menjadi lebih interaktif dan penuh kemanusiaan, sehingga praktikan memiliki motivasi yang
tinggi untuk memperbaiki diri dalam praktik mengajar.


Keywords


Supervisi Klinis, Tindakan Kelas, Praktik Pengalaman Lapangan

Full Text:

PDF

References


Borg, Walter R., and Meredith Damien Gall. (1979). Educational Research: An Introduction, Third

Edition. New York: Longman Group Limited.

Borton, Georgina M-Hartwig, Kay A-Cain, Melissa. (2015). “International Students Experience of

Practicum in Teacher Education: An Exploration Throught Internationalisation and Professional

Socialisation”. Australian Journal of Teacher Education. Volume 40-Ussue 8-Article 9.

http://ro.ecu.edu.au/ ajte/vol40/iss8/9.

Depdiknas. (2008). Metode dan Teknik Supervisi. Jakarta: Dikdasmen.

Hendayana S. (2006). Lesson Study: untuk Meningkatkan Keprofesionalan Pendidik (Pengalaman

IMSTEP-JICA). Bandung: UPI Press.

IKIP PGRI Madiun. (2014). Pedoman Praktik Kependidikan. Madiun UPK IKIP PGRI Madiun.

Rofik. (2008). Efektivitas PPL Tarbiyah UIN Kalijaga Yogyakarta 2006-2007. Dalam Jurnal Aplikasia.

Vol. IX, n0 2. Desember 2008.

Salter, Peta-Hill, Angela-Navin, Fiona-Knight, Cecily. (2013). “Wider Professional Experiences: The

value of Pre-service Teachers Learning in Wider Contexts”. Australian Journal of Teacher

Education. Volume 38-Ussue 12-Article 7. http://ro.ecu.edu.au/ ajte/vol40/iss8/9.

Satori, D. (2001). “Pengawasan Pendidikan di Sekolah” Makalah pada Rapat Konsultasi Pengawas di

Quality Hotel Solo. 24-27 September 2001.

Suharto, Mursidik, Chasanatun. (2015). Supervisi pada PM dan PPL IKIP PGRI Madiun (Penelitian

Fundamental). Madiun: LPPM IKIP PGRI Madiun.

Suharto, Teguh; Setiyadi, Dwi; Mursidik, Ellys Mersina; Meikayanti, Adriani Ermi. (2018). Pedoman

Supervisi Klinis dengan Pendekatan PTK pada Bimbingan Pembelajaran Mikro FKIP

Universitas PGRI Madiun. Madiun: AE Media Grafika.

Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.