INTERDICIPLINARY STEM MODULE OF GUITAR BASED SCIENTIFIC LITERACY: MODUL STEM PADA GITAR BERBASIS LITERASI SAINS

Yanti Safitri, Tantri Mayasari, Jeffry Handhika

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengembangan modul STEM pada gitar berbasis
literasi sains serta memaparkan peningkatan literasi sains siswa terhadap penggunaan modul. Modul
dikembangkan dengan pendekatan R&D dan model ADDIE serta hasilnya dipaparkan secara deskriptif
kualitatif. Peneliti melakukan analisis kebutuhan dengan kajian pustaka, wawancara dan studi lapangan.
Hasil pengembangan berupa revisi modul yang menyajikan fitur khusus untuk menunjang aktivitas siswa
pada indikator literasi sains. Isi modul mengintegrasikan antara STEM pada gitar dengan materi getaran,
gelombang dan bunyi. Sehingga siswa terlatih tidak hanya sekedar menghafal, tetapi mengarah pada
pemahaman konsep sains beserta kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Peningkatan kemampuan literasi
sains siswa setelah implementasi masuk pada kategori sedang. Peningkatan tertinggi pada aspek
menafsirkan data dan bukti ilmiah yaitu nilai n-gain sebesar 1,68.


Keywords


Modul, STEM, Literasi Sains

Full Text:

PDF

References


A. Amalia (2015), Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Literasi Sains Bertema Sistem

Navigasi untuk Kelas IX, Universitas Negeri Semarang.

A. Majid (2011), Perencanaan Pembelajaran : Mengembangan Standart Kompetensi Guru, Bandung,

PT Remaja Rosdakarya Offset.

A.H. Odja, C.S. Payu (2015), Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA,

Prosiding Seminar Nasional Kimia (hal. 40-47), Surabaya, Jurusan Kimia FMIPA Universitas

Negeri Surabaya.

Azizahwati, Z. Maaruf, R.M. Yassin, & E. Yuliani (2015), Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika

SMA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatka Hasil Belajar Siswa, Prosiding Pertemuan

Ilmiah XXXIX HFI (hal. 70-73), Yogyakarta, HFI Jateng dan DIY.

B. Setiawan, D. Innetasari, W. Sabtiawan, & Sudarmin (2017), The Development of Local Wisdom-

Based Natural Science Module to Improve Science Literation of Student, Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, 49-54.

D. Ramadhan, Wasis (2013), Analisis Perbandingan Level Kognitif dan Keterampilan Proses Sains

dalam Standart Isi (SI), Soal Ujian Nasional (UN), Soal Trends in International Mathematics and

Science Study (TIMSS), dan Soal Programme for International Student Asssessment (PISA),

Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 20-25.

Ekohariadi (2009), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Literasi Sains Siswa Indonesia Berusia 15 Tahun,

Jurnal Pendidikan Dasar, 29-43.

J. Holbrook, M. Rannikmae (2009), The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of

Environmental & Science Education, 275-288.

Listiana (2018), Implementasi Pendekatan Pembelajaran Science, Technology, Engineering,

And Mathematics (STEM) Untuk Meningkatkan Literasi Sains Pada Siswa Sma,

Universitas Lampung.

M. Adlim, Saminan, & S. Ariestia (2015), Pengembangan Modul STEM Terintegrasi Kewirausahaan

untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains di SMA Negeri 4 Banda Aceh, Jurnal

Pendidikan Sains Indonesia, 112-121.

M. Subramaniam, J. Ahn, K. Fleischmann, & A. Druin (2015), Reimagining the Role of School Libraries

in STEM Education, Creating Hybrid Spaces for Exploration, Chicago Journals, 161-184.

OECD (2016), PISA 2015 Result (Volume I) : Excellence and Equity in Education, Paris, OECD

Publishing.

P.N. Salamah, A. Rusilowati, & Sarwi (2017), Pengembangan Alat Evaluasi Materi Tata Surya untuk

Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP, Unnes Physic Journal, 7-16.

R.S. Pertiwi (2017), Pengembangan Lembar Kerja Siswa dengan Pendekatan STEM (Science,

Technology, Engineering, Mathematics) untuk Melatih Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa pada

Materi Fluida Statis, Bandar Lampung, Universitas Lampung.

T.N. Sinaga (2015), Pengembangan Soal Model PISA Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Terpadu

Konten Fisika untuk Mengetahui Penalaran Siswa Kelas IX, Jurnal Pendidikan Dasar, 194-197.

Y. Munadi (2008), Media Pembelajaran : Sebuah Pendekatan Baru. Ciputat, Gaung Persada Press.

Y. Safitri, T. Mayasari (2018), Analisis Tingkat Kemampuan Awal Siswa SMP/MTS dalam Berliterasi

Sains Pada Konsep IPA, Prosiding Seminar Nasional Quantum (hal. 165-170), Yogyakarta,

Universitas Ahmad Dahlan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.