PENERAPAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERDASARKAN CLT (COGNITIVE LOAD THEORY) PADA SISWA KELAS V SDN PILANGBANGO

Rissa Prima Kurniawati, Fida Rahmantika Hadi, Vivi Rulviana

Abstract


Pembelajaran matematika di Sekolah Dasar hanya bersifat satu arah, berpusat pada guru, guru hanya
menerangkan materi, dan kurang menggunakan media pembelajaran, sedangkan siswa hanya
mendengarkan dan melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini akan berakibat pemahaman siswa
pada pelajaran matematika menjadi berkurang dan prestasi belajar matematika menurun. Oleh karena itu
diperlukan media pembelajaran yang baik yaitu multimedia pembelajaran matematika berdasarkan
Cognitive Load Theory (CLT). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan multimedia
pembelajaran matematika berdasarkan CLT pada siswa kelas V SDN Pilangbango. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pilangbango Kota
Madiun. Berdasarkan hasil penelitian, pada pembelajaran dengan menggunakan multimedia pembelajaran
interaktif berbasis cognitif load theory (CLT) terbagi dalam tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti,
dan kegiatan penutup. Hasil rata-rata skor angket adalah 86,92 %, sehingga hasil angket dinyatakan baik.
Dan juga hasil nilai rata-rata kelas V SDN Pilangbango sebesar 77,23 dari total siswa 26. Siswa yang
mendapatkan nilai dibawah KKM yaitu 70 sebanyak 3 siswa dari 26 siswa.Hal itu menunjukkan bahwa
88,46 %, sehingga dapat disimpulkan siswa sudah memahami materi volume kubus dan volume balok.


Keywords


Multimedia Pembelajaran Interaktif, Cognitive Load Theory

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2010. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Yogyakarta: Cipta Media.

Crawford, M., L. 2001. Teaching and Contextually, Research, Rationale, and Techniques for Improving

Student Motivation and Achievement In Mathematics and Science.CORD, Leading in Change in

Education.

Fathani, A. H. 2009. Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya

Offset.

Putra, E. D. 2011. Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok Untuk Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Pada Materi Kubus Dan Balok Kelas VIII SMP Negeri 2 Batu.Tesis tidak

diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Saguni. 2006. Prinsip-Prinsip Kognitif Pembelajaran Multimedia: Peran Modality dan Contiguity

Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Jurnal Insan Vol. 8 No. 3 Desember.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.