KAJIAN NILAI BUDAYA YANG TERKANDUNG DALAM TARI OREK-OREK DI SD SE-KECAMATAN KABUPATEN NGAWI

Hartini Hartini, Hendra Erik Rudyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang nilai budaya yang terkandung dalam tari
Orek-Orek di sekolah dasar se-kecamatan Paron. Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian
ini, dimana pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data
menggunakan triangulasi. Penelitian dilaksanakan di sekolah dasar kabupaten Ngawi yaitu SDN 01 Paron
dan SDN 02 Kedungputri . Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam tari orek-orek, selain memiliki nilai
karakter yang muncul akan tetapi memiliki kegunaan tersendiri bagi siswa SD dalam hidup bermasyarakat.
Hal ini dapat ditunjukkan melalui beberapa gerakan dalam tari orek-orek. Sebagai salah satu contohnya
yaitu gerak sembahan. Dalam makna gerak ini dapat menjadikan siswa menghormati dan menghargai
sesama, iso ngormati lan ngajeni wong liyo. Begitu pepatah Jawa mengatakan. Nah inilah yang penting
untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Pada contoh gerakannya, Posisi berdiri dan lutut agak
ditekuk, kedua tangan diletakkan diantara dada dan dagu. Sedangkan kedua kaki terbuka dan kedua tangan
diletakkan didapan dada. Gerakan ini menggambarkan aktivitas berupa penghormatan. Nilai budaya yang
dapat dipetik yaitu saling menghormati sesama manusia/siapapun, baik kepada yang lebih tua, atau yang
lebih muda. Barangsiapa menghormati orang lain, maka kita akan dihormati pula. Dari sinipula akan
muncul adanya nilai pekerti ( bagian dari budaya).


Keywords


Nilai budaya, Gerak tari Orek-Orek

Full Text:

PDF

References


Asmani, J.M. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: Diva Press.

Djelantik, M.A.A. 2004. Estetika sebuah Pengantar. Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia.

Ghufron, A., Budiningsih, C.A., & Hidayati. 2017. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai

Budaya Yogyakarta di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Vol. 36 (2), hal. 309-319.

Gunawan, I. & Sulistyoningrum, R.T. 2013. Menggali Nilai-Nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog

Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa Dan Budaya Pada Mata

Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Premiere Educandum, Vol. 3 (1), hal. 49-84.

Mahardhika, A.A. 2015. Tari Orek-Orek Di Kabupaten Ngawi Tahun 1981-2014. Jurnal Avatara, Vol.

(3), hal. 534-545.

Miles, M.B., & Huberman, A.M. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber tentang Metode-Metode

Baru. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press.

Novitasari, R.T.A., & Hanif, M. 2017. Tari Kecetan Dalam Tradisi Keduk Beji Desa Tawun Kecamatan

Kasreman Kabupaten Ngawi (Makna Simbolis Dan Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal). Jurnal

Agastya, Vol. 7 (1), hal. 49-65.

Rudyanto, H.E. 2013. Pengembangan kreativitas siswa sekolah dasar melalui pembelajaran

matematika open-ended. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikam Dasar dan Pembelajaran,

(2), 184 – 192.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.