PENGARUH FREE WI-FI DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ANGKRINGAN DI KOTA MADIUN

Hari Purwanto, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Penelitian bertujuan untuk memberikan bukti empiris atas fenomena merebaknya bisnis angkringan
di kota Madiun yang memanfaatkan teknologi informasi dengan pemasangan Free Wi-Fi sebagai upaya
untuk menarik pembeli yang sebelumnya hanya mengandalkan pengelolaan kenyamanan Tempat. Tujuan
penelitian ini diharapkan dari temuan yang diperoleh mampu memberi kontribusi bagi pebisnis angkringan
di kota Madiun khususnya dan seluruh pebisnis angkringan secara umum dalam menentukan strategi
pemasaran. Penelitian ini diawali dengan observasi awal pada beberapa angkringan di kota Madiun untuk
menangkap fenomena yang ada dengan dukungan penelitian-penelitian terdahulu kemudian fenomena
tersebut dirumuskan menjadi permasalahan yang mendasari penelitian ini. Hipotesis: H1: Diduga terdapat
pengaruh yang signifikan Variabel Free Wi-Fi terhadap Keputusan Pembelian Pada Angkringan di Kota
Madiun dan H2: Diduga terdapat pengaruh yang signifikan Variabel Tempat terhadap Keputusan
Pembelian Pada Angkringan di Kota Madiun. Hasil penelitian: Terdapat pengaruh positif dan signifikan
Variabel Free Wi-Fi terhadap Keputusan Pembelian pada Angkringan di Kota Madiun dan Terdapat
pengaruh positif dan signifikan Variabel Tempat terhadap Keputusan Pembelian pada Angkringan di Kota
Madiun. Temuan ini dapat dimanfaatkan bagi pelaku bisnis Angkringan bahwa pemasangan Free Wi-Fi
dan pengelolan tempat dapat dijadikan strategi pemasaran sebagai alat penarik pembeli pada bisnis
Angkringan di kota Madiun.


Keywords


Free Wi-Fi, Tempat, Keputusan Konsumen

Full Text:

PDF

References


Anindya Rachma Andanawari. 2014. Pengaruh Harga, Lokasi dan kUalitas Produk Terhadap

Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Store Syndicate Café Semarang). Skripsi Fakultas

Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang

Chalid, Idham And Darmansyah, 2016. “Pengaruh Fasilitas Wi-Fi Gratis Dan Gaya Hidup Terhadap

Pengambilan Keputusan Pembelian Di Kedai Bandung Bengkulu. Thesis Universitas Bengkulu

Enterprise, Jubilee. 2014. SPSS Untuk Pemula. Jakarta : Elex Media Komputindo.

Faridah, Rohana & Noor Rismawati. 2013. “Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan

Pelanggan Kartu Pascabayar Halo di Kota Amuntai“. Jurnal Studi Ekonomi. 4 (1). Maret.

Ferdy Zoel Kurniawan. 2014. Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Pelayanan Terhadap Keputusan

Pembelian Pada Soto Angkring “Mas Boed” Special Ayam Kampung Semarang. Jurnal

Herlambang, Susatyo. 2014. Basic Marketing (Dasar-Dasar Pemasaran) Cara Mudah Memahami Ilmu

Pemasaran Cetakan Pertama. Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Narisah, et al. 2014. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Warung Sate

Kelinci di Kota Batu“. Jurnal Ilmu Peternakan. Maret.

Rahmatia, Stevi, F.V.I.A Koagouw. 2016. Pentingnya Penggunaan Jaringan Wi-Fi Dalam Memenuhi

Kebutuhan Informasi Pemustaka Pada Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Tidore

Kepulauan. Skripsi Universitas Diponegoro Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.