PENANAMAN BUDAYA LOKAL MELALUI LITERASI BAHASA JAWA SEBAGAI BAHAN BACAAN DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN NGAWI

Nur Samsiyah, Winda Ayu Cahya Fitriani

Abstract


Penulisan artikel ini dilatarbelakangi oleh pentingnya literasi di sekolah dasar. Dengan adanya
literasi di sekolah dasar diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa dalam membumikan semangat
membaca dan menulis. Di sisi lain, kegiatan melek huruf tidakhanya kegiatan yang berhubungan dengan
"literasi", tetapi juga memiliki utilitas lain, termasuk memperkuat budaya lokal. Budaya lokal yang ada
mulai tergantikan oleh zaman modern yang telah membuat keberadaannya sedikit terdegradasi. Karena itu,
diharapkan ada penguatan budaya lokalmelalui literasi di sekolah-sekolah, salah satunya adalah melalui
literasi bahasa Jawa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian inidilakukan di semua
sekolah dasar di Kabupaten Ngawi pada tahun akademik 2017/2018. Hasil penelitian dari penelitian ini
didapatkan data bahwa penguatan budaya lokal melalui literasi bahasa Jawa sebagai sumber belajar di
sekolah dasarKabupaten Ngawi ditunjukkan melalui empat belas bahan bacaan bahasa Jawa yang
keseluruhan ceritanya mengandung nilai-nilai budaya lokal yang dapat dipahami siswa. Selain itu siswa
juga lebih bisa mencintai budaya yang ada dan dapat menghubungkan konten teks dengan kehidupan nyata.


Keywords


Literasi, Bahasa Jawa, Budaya Lokal

Full Text:

PDF

References


AAGN Ari Dwipayana dan Sutoro Eko. 2003. Membangun Good Governance di Desa. Yogyakarta:

IRE Press.

Ahmad, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Daniels, H. 2002. Literature Circles: Voice and Choice in Book Clubs and Reading Groups.Ontario:

Stenhouse Publishers.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti kualitatif. Bandung : Pustaka Setia.

Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Takdir, Muhammad. 2012. “Pendidikan Berbasis Budaya Literasi”, Suara Pembaharuan Edisi 7

September 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.