EFEKTIFITAS MODUL INFORMASI KARIER DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIER SISWA

Silvia Yula Wardani, Rischa Pramudia Trisnani

Abstract


Setiap orang mengharapkan langkah dalam menempuh karir bisa berjalan lancar dan sukses.
Kesuksesan dapat diraih jika pemahaman karier juga tertata dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan pemahaman karier siswa SMA Negeri 1 Nglames Kabupaten Madiun dengan modul
informasi karier. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII yang bersekolah di SMA Negeri 1
Nglames Kabupaten Madiun. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling, dengan melibatkan
seluruh siswa kelas XII. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui penyebaran angket
pemahaman karier secara langsung untuk mengetahui pemahaman karier siswa di sekolah SMA Negeri 1
Nglames Kabupaten Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif, tepatnya eksperimen
research. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test menunjukkan
nila signifikansinya 0,000 sehingga dapat disimpulkan modul informasi karier efektif untuk meningkatkan
pemahaman karier siswa.


Keywords


modul, informasi karier, perencanaan karier

Full Text:

PDF

References


Amin, Budiman. (2002). Manajemen Bimbingan Karir pada SMU di Kabupaten Bandung. Jurnal

Psikolog Pendidikan dan Bimbingan vol.2 November 2002. 259-266.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nursalim, M. 2010. Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya. Unesa University Press

Santrock, John W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yeni Muslihatul Khoiriyah. (2013). Meningkatkan Pemahaman Karer Siswa dengan Pemberian

Layanan Informasi Karier di Kelas XI IS-4 SMA Negeri 13 Surabaya (Suatu Penelitian Tindakan

Dalam Bimbingan dan Konseling). Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling. Volume 01 Nomor

Tahun 2013, pp 201-216


Refbacks

  • There are currently no refbacks.