ANALISIS IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STATISTIKA BERBASIS PRAKTIKUM APLIKASI SOFTWARE SPSS

Slamet Riyanto, Hani Atun Mumtahana

Abstract


Minat siswa dalam pelajaran statistik masih relatif rendah, ini ditunjukkan dengan nilai akhir
semester yang masih di bawah ekspektasi. Untuk meningkatkan pembelajaran statistik agar lebih tepat
sasaran, maka dosen harus berinovasi dan membuat mata pelajaran statistik menjadi menarik. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kesiapan blended learning pada program Studi Teknik Informatika di
Universitas PGRI Madiun, untuk faktor pribadi dinilai belum siap memerlukan beberapa perbaikan. Faktor
atau dimensi pengembangan diri dinilai tidak siap membutuhkan perbaikan. Faktor atau dimensi teknologi
dinilai tidak siap dan dibutuhkan beberapa penambahan. Faktor atau dimensi inovatif dinilai tidak siap dan
dibutuhkan beberapa penambahan. Hasil penelitian ini juga mencatat bahwa implementasi blended learning
statistik pembelajaran dengan metode blended learning berbasis praktikum dengan aplikasi perangkat lunak
SPSS secara signifikan dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu personal, pengembangan diri, teknologi dan
inovasi. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor inovasi adalah faktor yang paling dominan
dalam menentukan keberhasilan implementasi pembelajaran statistik.


Keywords


kesiapan belajar, blended learning, statistik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.

Aswadi, Alsa. 2012. Pengaruh Metode Belajar Team Assited Individualization terhadap Prestasi Belajar

Statistika pada Mahasiswa Psikologi. Jurnal Psikologi. Volume 38, No. 1. Hlm. 82 – 91.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Karwati. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar

Statistika Mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu. ISTIQRA,

Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol. 3 No. 1. Hlm. 83-99.

Robert E. Slavin. 2000. Educational Psychology: Theory and Practice. Pearson. Education. New Jersey.

Sianturi, Jerri Jhonson. 2013. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Statistika dengan Computer Based

Instruction. Jurnal Pelita Informatika Budi Darma. Volume : IV, Nomor: 2, ISSN : 2301-

Hlm. 95-100

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik:Teori, Kebijakan, dan Implementasi.

Jakarta: PT. BumiAksara.

Suparno, Paul. 2010. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.