UPAYA MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DENGAN PENGEMBANGAN ASESMEN ALTERNATIF BERUPA PENILAIAN PRODUK PADA MAHASISWA UNIPMA

Endang Sri Maruti, Naniek Kusumawati

Abstract


Kualitas pembelajaran dapat diukur berdasarkan hasil dari proses evaluasi, untuk itu cara dan
instrumen evaluasi menjadi sangat penting untuk dikembangkan. Pada mata kuliah Pembelajaran Bahasa
Jawa di SD, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk terampil dalam berbahasa Jawa dan tetapi juga harus
terampil dalam mengajarkan Bahasa Jawa di SD. Untuk itu penilaian keterampilan merupakan komponen
terpenting yang harus dilakukan oleh dosen untuk mengukur setiap detail keterampilan mahasiswa. Namun,
kenyataannya penilaian dalam ranah ini belum dilakukan dengan menggunakan instrumen penilaian yang
tepat, dosen masih melakukan proses penilaian secara langsung tanpa menggunakan instrumen sehingga
penilaian lebih subjektif. Untuk itu, penelitian dan pengembangan produk instrumen penilaian keterampilan
yang diintegrasikan dengan pemanfaatan teknologi perlu dilakukan. Instrumen penilaian produk berupa
video desain pembelajaran bahasa Jawa yang dikembangkan dapat dijadikan solusi dan dapat dijadikan
alternatif bagi dosen dalam melakukan proses penilaian keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Jawa di
SD. Penelitian pengembangan ini merujuk pada metode 4-D. Penelitian dimulai bulan Februari 2018
sampai November 2018. Data penelitian berupa hasil validasi. Adapun instrumen penelitian yang
digunakan adalah lembar validasi dan angket respons siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik
validasi dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan skor rubrik
penilaian dari validator untuk kategori struktur rubik adalah 3,67 (sangat baik), kategori organisasi
penulisan aspek dalam rubrik penilaian adalah 4 (sangat baik), dan kategori bahasa adalah 4 (sangat baik).
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rubrik penilaian dalam kategori baik dengan sedikit revisi dan
dapat dapat digunakan.


Keywords


Instrumen penilaian produk, ranah keterampilan

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Amri. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Pengembangan : Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI.

Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Derektorat SMP, Derektorat

jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, Muslimin.2001. Model Pembelajaran Perangkat Menurut Jerolg E. Kemp & Thiagarajan.

Surabaya: Faculty of Matematics and Science University Assosiates.

Meier, Dave.2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: MMU (Mizan Media Utama).

Ratumanan, G.T, dan T. Laurens. 2006. Evaluasi Hasil Belajar Ynag Relevan Dengan Memecahkan

Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Alfabeta.

Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Peneltian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Bandung Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum

Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Prawiradilaga, Salma, Dewi. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran Instructional Design Principles.

Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.