PERAN PENDIDIK DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK DENGAN MEDIA PERMAINAN TRADISIONAL

Beny Dwi Pratama, Rizka Nurul Hidayah, Titi Hargiyansari

Abstract


Perilaku prososial adalah semua tindakan apapun yang dilakukan untuk keuntungan orang lain atau
secara umum dapat disimpulkan suatu tindakan yang berupa menolong orang lain yang
mendapatkan pertolongan tanpa harus menerima imbalan atau balasan yang dirasakan langsung oleh
orang yang memberikan pertolongan. Telah banyak kajian yang berusaha melakukan identifikasi
permasalahan mengenai perilaku prososial, namun belum sepenuhnya memperjelas fenomena tersebut.
Sehingga perlu dilakukan identifikasi lebih lanjut, kususnya didunia pendidikan. Identifikasi dilakukan
untuk mengetahui apa sebenarnya yang menyebabkan siswa memiliki perilaku prososial rendah dan apa
yang mereka butuhkan. Hasil need assessment ini, diharapkan dapat dipakai oleh pelaku pendidikan agar
bisa mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh siswa yang memiliki perilaku prososial rendah. Sebagai
pendidik seharusnya bisa terlibat dalam masalah ini. Seorang pendidik mampu memahami karakteristik
dari peserta didik untuk bisa membantu mereka dalam berinteraksi dengan siswa lainnya dan bisa mencapai
tugas perkembangannya.


Keywords


Peran Pendidik,Perilaku Prososial, Permainan tradisional

Full Text:

PDF

References


Baron, RA. & Byrne, D. (2005). Dalam Ratna Djuwita (Terjemahan). Psikologi Sosial, Jilid II. Jakarta:

Erlangga.

Dahriani, A. 2007. Perilaku Prososial Terhadap Pengguna Jalan (Studi Fenomenologis Pada Polisi Lalu

Lintas). Skripsi (Tidak Diterbitkan). Fakultas Psikologis UNDIP Semarang.

Matondang, E. S. 2016. Perilaku Prososial (Prosocial Behavior) Anak Usia Dini Dan Pengelolaan Kelas

Melalui Pengelompokan Usia Rangkap (Multiage Grouping). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan

Dasar. Tk Global Cendekia School Bandung. Vol. 8 (1), 34-47

Mayangsari, dkk. 2017. Peningkatan Perilaku Prososial Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan

Outbond Fun Estafet Di TK PGRI Langkap Burneh Bangkalan. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo

Universitas Trunojoyo Madura. Vol. 4 (2), 82-170

Novita, dkk. 2017. Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa SD Melalui Layanan Informasi Dengan

Teknik Bibliotherapy. Journal of Guidence and Counseling Universitas Negeri Seemarang. Vol.

(4), 42-49.

Nurastuti, M. F., Karini, S. M dan Yuliadi, I. 2015. Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan

Terhadap Interaksi Sosial Anak Asuh Di Panti Yatim Hajah Maryam Kalibeber Wonosobo. Jurnal

Psikologi Wacana Universitas Sebelas Maret. Volume 7 No. 14.

Nuswantari, W. & Astuti, Tri Puji. 2015. Pengaruh Pemberian Lagu Anak-Anak Terhadap Perilaku

Prososial Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro 2015,

Volume 4 (4), 101-106.

Zahro, I. F. 2018. Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Teknik Islamic storytelling finger

doll. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam STAI Attanwir Bojonegoro. Vol.1 (1), 80-95.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.