PENDAMPINGAN KKGSEBAGAI TINDAK LANJUT PROGRAM PENGEMBANGAN BUKU MODEL KURIKULUM 2013 DI LAPANGAN

Ibadullah Malawi, Dewi Tryanasari, Edy Riyanto

Abstract


Guru yang berkualitas adalah guru yang mampu menerjemahkan pembelajaran pada tataran perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi secara baik.Perencanaan pembelajaran yang berpusat pada kurikulum merupakan titik awal keberhasilan sebuah pembelajaran. Sayangnya dengan perubahan mind set pada kurikulum 2013, banyak guru di Kabupaten Magetan yang belum mampu menerjemahkan ke dalam perangkat pembelajaran yang mampu mendukung berhasilnya proses dan tujuan belajar di sekolah. Diketahui penyebab utama dari masalah tersebut adalah ketidakpahaman guru dengan prinsip Sientific approach sebagai roh dari krikulum 2013. Bertitik tolak dari masalah di atas perlu dikembangkan buku model perangkat pembelajaran berbasis tematik integratif di kelas tinggi sebagai suplemen guru pada kurikulum 2013, dan mengukur kualitas buku model pearangkat pembelajaran yang dihasilkan. Terkait dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini masuk pada penelitian pengembangan sedangkan yang dikembangkan adalah buku model perangkat pembelajaran berbasis tematik integratif sebagai suplemen guru pada kurikulum 2013. Langkah pengembangan yang dilakukan mengikuti model pengembangan type Dick and Carrey. Penelitian ini dibagi ke dalam dua tahun dengan rincian tahun pertama produk dikembangkan sampai tahap uji terbatas sedangkan tahun kedua produk yang sudah direvisi diujicobakan secara luas dan didesiminasikan. Data tentang pengembangan produk diambil dengan dokumentasi, sedangkan kualitas produk diukur dari validitas produk dan respon pengguna terhadap produk. Untuk mengambil data-data tersebut instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sebagai instrumen utama dibantu dengan catatan lapang, lembar validasi, dan angket respon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas buku model pengembangan jika dilihat dari validitas di tingkat validator ahli dianggap baik, respon pengguna terhadap produk juga baik, 80% calon pengguna menyatakan buku dapat membantu pemahaman awal terhadap pemahaman scientific approach dan pembelajaran tematik integratif pada kurikulum 2013. Produk pengembangan yang baik tersebut hendaknya ditindaklanjuti dengan proses yang lain sebab tanpa tindak lanjut, proses pengembangan hanya akan menghasilkan produk berkualitas yang tidak memberikan kontribusi nyata bagi kondisi riil di lapangan. Untuk itu perlu dilakukan desiminasi produk yang bersifat kontinyu. Salah satu bentuk desiminasi yan bisa dilakukan adalah dengan mengadakan pendampingan pada guru di lapangan untuk memahami isi produk serta menerapkannya pada pembelajaran.

Keywords


Buku model pengembangan kurikulum 2013; pendampingan KKG

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dick, W and Carey L. 1991.The Systematic Design of Instruction. Glenview: IL Scott. Foresman

Elmubarok Zaim. 2008. Membumikan Pendidikan Nilai, Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus dan Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta

Gafur, A. 2007. Bahan Diklat Profesi Guru Sertifikasi Guru Rayon II DIY Jateng. Buku B 2.4. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Yogyakarta: LPMP.

Griffin, P., dan Nix, P. 1991. Educational Assessment and Reporting. Sydney: Harcout Brace Javanovich Publisher.

Gunawan, I. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1): 52 – 70.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, S. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: Rosda.

Kirkpatrick, D. L. 1998. Evaluating Training Programs: The Four Levels. San Francisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc.

Madaus, G. F., Scriven, M. S., dan Stuffebeam, D. L. 1993. Evaluation Models, Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Majid, A. 2008. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosda.

Mardapi, D. 2000. Evaluasi Pendidikan. Makalah disajikan dalam Konvensi Pendidikan Nasional, Universitas Negeri Jakarta, Jakarta, 19-23 September.

Oriondo, L. L., dan Antonio, E. M. D. 1998. Evaluating Educational Outcomes (Test, Measurment, andEvaluation). Florentino St: Rex Printing Company.

Pusat Perbukuan Diknas. 2003. Standar Komponen Buku Ajar

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Online). (http://kemdikbud.go.id, diakses 12 September 2013).

Peraturan Menteri Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Online).(http://kemdikbud.go.id, diakses 12 September 2013).

Sa’ud, S. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Soetopo, H. 2007. Evaluasi Program Supervisi Pendidikan. Dalam Imron, A., Burhanuddin, dan Maisyaroh (Eds.), Supervisi Pendidikan dan Pengajaran: Konsep, Pendekatan, dan Penerapan Pembinaan Profesional (hlm. 136-149). Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Stark, J. S., dan Thomas, A. 1994. Assessment and Program Evaluation. Needham Heights: Simon & Schuster Custom Publishing.

Sudjana, N., dan Ibrahim. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2006. Bandung: Fokus Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.