PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE PADA INDUSTRI KULIT MAGETAN

Hani Atun Mumtahana, Sekreningsih Nita

Abstract


Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi merupakan sebuah kebutuhan yang mendasar untuk sebuah organisasi. Penerapan Sistem Informasi pada UMKM Kerajinan Kulit di Magetan merupakan salah satu strategi pemasaran yang baik. UMKM merupakan salah satu usaha Mikoro yang memberdayakan Industri Rumahan. UMKM Indonesia memiliki kontribusi rantai pasok sebersar 15.8% di tingkat Asean (www.kemenperin.go.id). Perkembangan UMKM di Indonesia dari tahun ke tahun sangat dipengaruhi dengan perkembangan Teknologi Informasi dan Sistem Informasi. Teknologi E-commerce merupakan salah satu teknologi yang mendukung perkembangan UMKM dan perdagangan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan Teknologi E-Commerce yang akan diterapkan pada Sentra Industri Kulit di Magetan. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan Teknologi Informasi dengan menggunakan Model UML

Keywords


Teknologi Informasi; Sistem Informasi; UMKM Kerajinan Kulit; E-Commerce; UML

Full Text:

PDF

References


Mumtahana, Hani Atun. Sekreningsih Nita, “Analisis Optimalisasi Penggunaan Teknologi Informasi dalam peningkatan Kualitas dan Pemasaran Produksi Kulit Magetan,” in Seminar Nasional Teknik dan Manajemen Industri, Malang, 2015, pp. IV-22 - IV 27.

Agustin, Eva M.S, “Persepsi Penggunaan Aplikasi Internet untuk Pemasaran Produk Usaha Kecil Menengah,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 2007, pp. J-13.

Haryanti, Sri. Tri Irianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk Usaha Fashion Studi Kasus Omah Mode Kudus,”Jurnal Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, Vol. 3, no. 1, pp. 8-14, 2011.

Adi Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Yogyakarta, Indonesia: Andi Yogyakarta, 2010.

Z.A. Hasibuan, Metodologi Penelitian pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta, Infonesia: Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia, 2007.

S Balaji and Dr. M. Sundararajan Murugaiyan, “Waterfall Vs V-Model Vs Agile : A Comparative Study On SDLC,” International Journal of Information Technology and Business Management, vol. II, no.1, pp. 26-29, June 2012.

Bambang Hariyanto, Rekayasa Sistem Berorientasi Objek. Bandung: Informatika, Bandung, 2004.

Peti Savitri and Muhammad Ispani, “Review Desain Interface Aplikasi SOPPPOS Menggunakan Evaluasi Heuristik,” vol. 6, no. 1, 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.