MENGAKTIFKAN PRIOR KNOWLEDGE MELALUI KWHL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS IKIP PGRI MADIUN

Arri Kurniawan, Nuri Ati Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dialami dosen dalam membangun aspek kognitif dengan cara mengaktifkan prior knowledge yang dimiliki mahasiswa dalam proses pembelajaran pada mata kuliah reading di program studi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun. Melalui penelitian ini peneliti akan, (1) mengambarkan bagaimana mengaktifkan prior knowledge mahasiswa melalui metode mengajar KWHL untuk meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Inggris, (2) mengambarkan kendala-kendala apa saja yang muncul serta (3) dampak yang muncul akibat dari mengaktifkan prior knowledge mahasiswa melalui KWHL pada proses pengajaran mata kuliah Reading. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini akan dilakukan di prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP PGRI Madiun pada mahasiswa semester IV. Pada semester ini, mahasiswa mendapat mata kuliah Reading III dan pada level ini seharusnya mahasiswa mampu mengaktifkan Prior Knowledge untuk memahami isi teks berbahasa Inggris. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan analisa data penelitian, dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.

Keywords


KWHL; Kemampuan Membaca; Teks Bahasa Inggris; Prior Knowledge

Full Text:

PDF

References


Aebersold, Jo Ann & Field, Marrie Lee. 1997. From Reader to Reading Teacher. Cambridge: Cambridge University Press.

Akbayrak, Burcu. 2000. A Comparison of Two Data Collecting Methods: Interviews and Questionnares. ANKARA.

Brown, H. Douglas. 2000. Principles of Language Learning and Teaching. San Francisco: Addison Wesley Longman Inc.

Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment Principles and Classroom Practices. San Francisco: Addison Wesley Longman Inc.

Dahloan in http:// www. Associatedcontent. Com/shared/print. Shtml?content_type=ar

Deborah dalam www. Deborahhealey.com/reading/tataouine-summaries.pdf.

Elizabeth. 2004. Learning and Instruction. New York : Mc Graw-Hill, Inc.

Gronlund, N.E., & Linn, R.L. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching (6th ed.). New York: MacMillan.

Herrell, Andrienne L, (2008), Strategies for Teaching English Language Learners, Pearson Merrill Prentice Hall.

http: // departments. weber. edu/ teachall /reading /prereading.html, diakses pada tanggal 4 april 2014

Jupp, Victor.2006. The Sage Dictionary of Social Research Methods. United Kingdom: Sage Publications.

Katherine.S. Mcknight.2010. Big Book of Graphics Organizer; Jossey Bas. United State of America.

Lems, Kristin, et al. 2010. Teaching Reading to English Language Leraners, New York London: Guilford Press.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Morellion Judi, 2007. Collaborating Strategies for Teaching Reading Comprehension. Chicago; American Library Assosiation.

Nuttal, Christine. 2005. Teaching Reading Skills in Foreign Language, London: Heinemann Educational Book.

Nuri Ati Ningsih, Arri Kurniawan. 2013. Laporan Penelitian Dikti: Kajian Kemampuan Membaca Teks Bahasa Inggris Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Pada Level Extensive IKIP PGRI Madiun. LPPM IKIP PGRI Madiun.

Patel, M.F. 2008. English Language Teaching (Methods, Tools & Technique). Jaipur. Sunrise Publishers.

Powell, dkk ( 1990 ) di dalam http :// ericae. net/ books / dochy 1/ chap 4. pdf

Resnick & Glaserfeld in Jeremy dalam http :// www. exploratorium. edu/ifi/ resources /museum education /priorknowledge. html. 4.4.11

Rianto Adi.2005. Metodologi Penelitian Sosial dan Hukum. Jakarta: Granit.

Slack, Frances,2001. Observation: Perspective on Research methodologies and media For Leisure Managers. Sheffield Hallam University.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung; Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung; Alfabeta.

www. Enchantedlearning.com/graphicorganizers/kwhl/

www.educatinworld.com/tools_templates/kwhl_nov.202.doc.

Yatim Riyanto .2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya. SIC

Yin, Robert K, 2003. Qualitative Research from Start to Finish. New York: The Guildford Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.