PENGEMBANGAN BUKU AJAR MKU BAHASA INDONESIA BERBASIS KARAKTER BAGI MAHASISWA IKIP PGRI MADIUN

Agus Budi Santoso, Dwi Rohman Soleh, Eni Winarsih

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengembangkan model buku ajar MKU Bahasa Indonesia Berbasis Karakter bagi mahasiswa IKIP PGRI Madiun, dengan fokus pada (1) uji validitas buku ajar setelah uji coba; (2) uji kepraktisan buku ajar setelah uji coba; dan (3) uji efektivitas buku ajar setelah uji coba. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan penelitian pengembangan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada tahap eksplorasi diperoleh simpulan bahwa diperlukan buku ajar MKU Bahasa Indonesia yang mampu mengembangkan karakter mahasiswa dan mengoptimalkan kemampuan menulis ilmiah. Draf awal disusun model pengembangan buku ajar yang memerlukan kebutuhan tersebut. Setelah dilakukan uji coba terbatas dan uji coba luas diperoleh hasil model akhir pengembangan buku ajar MKU Bahasa Indonesia Berbasis Karakter sebagai berikut: (1) Uji validitas buku ajar menunjukkan hasil yang valid dengan nilai rata-rata sebesar 4,34, yang artinya apabila dikonsultasikan dengan kriteria nilai rata-rata menunjukkan hasil valid; (2) Uji kepraktisan buku ajar menunjukkan bahwa buku ajar tersebut praktis dengan nilai rata-rata uji kepraktisan sebesar 4,47 yang artinya praktis; (3) Uji efektivitas dilakukan dengan cara eksperimen, di program studi Pendidikan Bahasa Inggris semester II A IKIP PGRI Madiun sebagai kelompok eksperimen, dan Program Studi Akuntansi semester II B STIE Dharma Iswara Madiun sebagai kelompok kontrol. Setelah dilakukan uji komputasi dengan teknik statistik Anava satu jalan, didapatkan nilai t hitung sebesar 11.607159. Setelah dikonsultasikan dengan t tabel dalam taraf signifikansi 0,01, didapatkan nilai t tabel 2,660. Jadi, nilai t hitung 11.607159 lebih besar daripada t tabel 2,660, yang artinya buku ajar MKU Bahasa Indonesia Berbasis Karakter lebih efektif dibandingkan dengan buku ajar Bahasa Indonesia sebelumnya.

Keywords


buku ajar; MKU Bahasa Indonesia; karakter

Full Text:

PDF

References


Borg, Walter R. dan Meredith D. Gall. 1989. Educational Research: An Introduction. New York: Longman.

Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pressindo.

Kurniawan, Khaerudin. 2005. ”Membina Kemahiran Menulis Mahasiswa”dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, no.024, tahun ke-6.

Patria, Bekti. (2010). “Pembelajaran Apresiasi Sastra Sebagai Wahana Penanaman Karakter kepada Siswa”. Diunduh tanggal 28 Februari 2012 dari laman http://bektipatria.wordpress.com/2010/09/01/sastra-dan-pendidikan-karakter/

Slamet, St. Y. 2009. Dasar-dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS dan UPT Penerbitan dan Pencetakan UNS (UNS Press)

Tarigan, Henry Guntur. (2009). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.