PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNTUK PENGUATAN SCIENTIFIC APPROACH PADA MATA KULIAH EVALUASI DAN PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Sanusi Sanusi, Wasilatul Murtafiah, Edy Suprapto

Abstract


Sejalan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), lulusan setara S1 harus memiliki beberapa kompetensi: 1). Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS padabidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi, 2) Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural, 3). Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok,4). Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi. Akan tetapi Fakta di lapangan menunjukkan bahwa, berdasarkan tracer study beberapa lulusan S1 masih belum mendapatkan pekerjaan atau masih pengangguran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengimplementasikan KKNI adalah dengan peningkatan mutu sumber daya manusia melalui perkuliahan di jenjang perguruan tinggi. Peningkatan mutu sumber daya manusia ini dilakukan dengan mengembangkan suatu perangkat pembelajaran yang berupa Bahan Ajar.

Keywords


Bahan Ajar; Scientific Approach; Evaluasi dan Proses

Full Text:

PDF

References


Depdiknas.2006. Panduan Menyusun dan Memilih Bahan Ajar. Jakarta: direktorat sekolah menengah pertama.

Depdiknas.2008.Pengembangan Bahan Ajar.Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.

DIKTI. 2011. Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (Indonesian Qualification Framework). Dirjen Dikti Kemendikbud RI: Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Fenrich, P. 2007. Practical Guidelines for Creating Instructional Multimedia Applications.Fort Worth: The Dryden Press Harcourt Brace College Publishers.

Illa Saillah. 2013. KKNI Jadi Acuan Pendidikan. Disajikan di http://edukasi.kompas.com/read/2013/04/02/1917141/KKNI.Jadi.Acuan.Pendidikan. Diunduh pada tanggal 09 Desember 2013.

Kemendikbud.2013. Konsep Pendekatan Scientific. Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Tomlinson, B. 1998.Material Development in Material Teaching.New York: Cambridge University press.

Trianto.2008. Mendesain Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publis.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.