PENGURANGAN EMISI CO2 MELALUI RUANG TERBUKA HIJAU

Nik Amah, Purweni Widhianningrum

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui estimasi kecukupan Ruang Terbuka Hijau untuk mengurangi emisi gas karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan dari penggunaan listrik pada Air Conditioner di IKIP PGRI MADIUN. Sampel produksi emisi karbondioksida dalam penelitian ini dilakukan dengan mengukur pemanfaatan AC (Air Conditioner) di Gedung IKIP PGRI MADIUN, meliputi Kampus I, II dan III berjumlah 158 unit. Penelitian menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif sedangkan data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan observasi langsung terhadap penggunaan AC untuk mengamati jumlah dan kapasitas AC yang terpasang, durasi penggunaan per hari, dan range pengaturan suhu, yang selanjutnya akan dilakukan perhitungan penggunaan daya listrik dan produksi emisi carbon dioksida. Data sekunder berupa data luas Ruang Terbuka Hijau (RTH).Hasil penelitian diketahui bahwa penggunaan Air Conditioner untuk setiap ruang perkuliahan dan perkantoran IKIP PGRI MADIUN yang meliputi kampus I, II, dan III serta Graha Cendekia, berjumlah 158 unit yang menghasilkan emisi CO2 sebesar 173,7921 Ton/ tahun. Implementasi carbon accounting untuk mengurangi emisi gas karbon dari hasil konsumsi AC di IKIP PGRI MADIUN dengan menyediakan Ruang Terbuka Hijau yang mampu menyerap emisi CO2 dengan luas ruang terbuka hijau minimal 1.227,12 m2 .

Keywords


emisi CO2; air conditioner; Ruang Terbuka Hijau

Full Text:

PDF

References


Ismaun I. dan Joga, N. 2011. RTH 30 %! Resolusi (Kota) Hijau. Jakarta.

Ja’far S, Muhammad dan Lisa Kartikasari. 2009. Need Assesment: Standar Akuntansi Carbon dan Praktik Carbon Accounting. National Conference Faculty of Economics, UNIKA Widya Mandala Surabaya.

Ja’far S, Muhammad dan Lisa Kartikasari. 2012. Carbon Accounting: Implikasi Strategis Perekayasaan Akuntansi Manajemen. SNA XII Palembang.

Kwanda, Timoticin. 2003. Pembangunan Permukiman Yang Berkelanjutan Untuk Mengurangi Polusi Udara. Dimensi Teknik Arsitektur, Vol. 31, No. 1.

http://id.wikipedia.org/wiki/Protokol_Kyoto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.