PEMBELAJARAN MENULIS ILMIAH DENGAN METODE PRODUKSI, RETENSI, ATENSI, DAN MOTIVASI (PRAM) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA IKIP PGRI MADIUN

Panji Kuncoro Hadi, Ermi Adraini Meikayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan impelementasi metode PRAM (produksi, retensi, atensi, motivasi) dalam pembelajaran menulis ilmiah pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun, dan (2) mendeskripsikan keefektifan metode PRAM (produksi, retensi, atensi, motivasi) dalam meningkatkan kemampuan menulis ilmiah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun. Luaran penelitian ini berupa: (1) artikel ilmiah yang akan dimuat dalam Jurnal Edu-Lingua, dan (2) perangkat pembelajaran matakuliah “Menulis Ilmiah”. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun, Jl. Setiabudi 85 Madiun. Pendekatan penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu informan, peristiwa, dan dokumen/arsip. Pengumpulan data dilakukan melalui studi dokumen, observasi, dan wawancara mendalam. Analisis data terhadap data penelitian ini dilakukan dalam dua tahap, yaitu pada saat atau selama berlangsungnya pengumpulan data dan setelah pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui 3 alur kegiatan yang berlangsung secara bersamaan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan/verifikasi. Berdasarkan analisis pada dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut: (1) Pembelajaran menulis ilmiah dengan menggunakan metode PRAM (Produksi, Retensi, Atensi, Motivasi) dilakukan dosen sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun, (2) Pembelajaran menulis ilmiah dengan menggunakan metode PRAM (Produksi, Retensi, Atensi, Motivasi) dilaksanakan oleh dosen dengan prosedur sebagai berikut: (a) Produksi: merencanakan dan menulis makalah dengan tema bebas, (b) Retensi: dalam kelompok mahasiswa mendiskusikan tentang makalah yang telah disusun, (c) Atensi: mahasiswa memberi perhatian terhadap masukan-masukan yang diberikan oleh dosen maupun teman-teman dalam kelompoknya, (d) Motivasi: dosen memberi motivasi kepada mahasiswa tentang pentingnya keterampilan menulis ilmiah dalam kehidupan.

Keywords


Produksi; Retensi; Atensi; Motivasi

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosda.

Alemi, Minoo dan Parisa Daftarifard. 2010. “Pedagogical Innovations in Language Teaching Methodologies” dalam Journal of Language Teaching and Research, Vol. 1, No. 6, pp. 765-770, November 2010.

Alwasilah, A. Chaedar dan Senny Zusanna Alwasilah. 2007. Pokoknya Menulis.Bandung: Kiblat Buku Utama.

Amir. 2009. Dasar-dasar Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: UNS Press

Bair, Mary A dan Cynthia E. Mader. 2013. “Academic Writing at the Graduate Level: Improving the Curriculum through Faculty Collaboration” dalam Journal of University Teaching & Learning Practice, Vol. 10, Issu 1, Artikel 4.

Bowker, Natilene. 2007. Academic Writing: A Guide to Tertiary Level Writing.

Massey University. Curriculum and Assessment Division . 2010. Guidance on the teaching of writing skills. Department for Children, Education, Lifelong Learning and Skills Wales, Inggris. The Welsh Assembly Government’s website www.wales.gov.ok/educationandskills (diunduh 15 Oktober 2013, pukul 20.00 WIB).

Cochrane, John H. 2005. Writing Tips for Ph. D Students. Chicago. http://gsbwww.uchicago.edu/fac/John.cochrane/research/Papers (diunduh 15 Oktober 2013, pukul 20.00 WIB).

Darley, J. M., Zanna, M. P., & Roediger III, H. L. (Ed.). 2003. The Compleat Academic:A Practical Guide for the Beginning Social Scientist, 2nd Edition. Washington, DC: American Psychological Association

Devaney, Elizabeth (Ed). 2005. Approaches to writing instruction for Adolescent English Language Learners. Amerika: Brown University.

Griffith Institute for Higher Education. 2004. Written Communication Toolkit. Griffith University, Nathan, Brisbane, Australia http://www.griffith.edu.au/centre/gihe/griffith_graduate (diunduh 21 Oktober 2013, pukul 19.00 WIB).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.