UJI AKTIVITAS CRUDE ENZIM SELULASE KAPANG Penicillium sp PADA UBSTRAT AMPAS TEBU SEBAGAI BUKU PEDOMAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Ani Sulistyarsi, Muh. Waskito Ardhi, Pujiati Pujiati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan ampas tebu sebagai substrat dalam produksi Crude enzim selulase dari kapang Penicillium sp hasil isolasi dari Kebun Cengkeh, Kare, Madiun. Penelitian ini merupakan kuantitatif eksperimen dengan pola rancangan acak lengkap yang terdiri dari dua perlakuan. Perlakuan pertama adalah konsentrasi inokulum yang terdiri dari tiga level yaitu, inokulum (K) yaitu 5% (K1 ), 15% (K2 ), 25% (K3 ) dan lama fermentasi (L) yaitu 3hari (L1 ), 6hari (L2 ), 9hari (L3 ), dan 12hari (L4 ).Data yang diambil dari perlakuan tersebut adalah kadar gula redusi dengan metode Nelson Somogyi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Fhit > Ftab sehingga ada pengaruh antara konsentrasi inokulum dan lama fermentasi terhadap aktivitas crude enzim selulase dari kapang Penicillium sp. Kadar gula reduksi tertinggi ada pada K3 L4 sebesar 9,939 (gr/ml) dan terendah pada K1 L1 dengan kadar gula reduksi sebesar 2,382 (gr/ml). Hasil penelitian ini digunakan sebagai bahan dalam pembuatan buku pedoman pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah mikrobiologi.

Keywords


enzim selulase; Penicillium sp; ampas tebu

Full Text:

PDF

References


Dwidjoseputro, D. 2003. Dasar-Dasar Mikrobiologi. Jakarta: Penerbit Djambatan.

Gunam I.B.W, Wayan Redi Aryanta dan Ida Bagus N. Surya Darma. 2011. Produksi Selulase Kasar Dari Kapang Trichoderma Viride Dengan Perlakuan Konsentrasi Substrat Ampas Tebu Dan Lama Fermentasi. Jurnal Biologi XV (2) : 29 – 33.

Puspita Wahyuningtyas, dkk. 2013. Studi Pembuatan Enzim Selulase Dari Mikrofungi Trichoderma reeseiDengan Substrat Jerami Padi Sebagai Katalis Hidrolisis Enzimatik Pada Produksi Bioetanol. Jurnal Bioproses Komoditas Tropis (Online), Vol. 1 No. 1, (http://jbkt.ub.ac.id, Diunduh 24 Januari 2014).

Saparianti E. dkk,. Hidrolisis ampas tebu menjadi glukosa cair oleh kapang Trichoderma viride. J. Tek. Pert. Vol 5 (1): 2.

Sinantari, dkk. 2013. Pemurnian Selulase Dari Isolat Kb Kompos Termofilik Desa Bayat Klaten Menggunakan Fraksinasi Amonium Sulfat. Chem Info (Online), Vol. 1 No.1, (http://portalgaruda.org, Diunduh tanggal 29 Januari 2014).

Widya Lestari, dkk. 2013. Pengaruh Konsentrasi Inokulum Dan Induser Terhadap Produksi Protease Alkali Bacillus Sp. Isolat Mi.2.3 Termofilik. Jurnal Biologika (Online), Vol. 2 No. 1, (http://jurnalbiologika.files.wordpress.com, Diunduh 10 Maret 2014).

Zulfatus Sa’adah, dkk. 2008. Produksi Enzim Selulase oleh Aspergillus niger Menggunakan Substrat Jerami dengan Sistem Fermentasi Padat. (Online), (http://eprints.undip.ac.id, Diunduh juni 2016).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.