PENGEMBANGAN BUKU AJAR MORFOLOGI BAHASA INDONESIA MAHASISWA PRODI PBSI IKIP PGRI MADIUN

Dhika Puspitasari, Aris Wuryantoro

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi dan menjelaskan bentuk draft buku ajar Morfologi Bahasa Indonesia, (2) Menguji tingkat keefektifan buku ajar Morfologi Bahasa Indonesia, dan (3) Mengidentifikasi dan menjelsakan bentuk akhir buku ajar Morfologi Bahasa Indonesia. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP PGRI Madiun. Hasil akhir dari penelitian ini berupa buku ajar Morfologi bahasa Indonesia yang diperuntukkan bagi mahasiswa dan juga dosen. Penelitian ini menggunakan kerangka penelitian Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh tahap. Tahap-tahap tersebut yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal; perencanaan; pengembangan format produksi awal; uji coba awal; revisi produk; uji coba lapangan; revisi produk; uji lapangan; revisi produk akhir; desiminasi; dan implementasi. Karena keterbatasan waktu penelitian, penelitian ini tidak sampai pada desiminasi dan implementasi. Penelitian ini hanya akan menghasilkan revisi produk akhir.

Keywords


Buku Ajar; Morfologi; Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Borg, Walter R dan Gall, Meredith D. 1983. Educational Research: Fourth Edition. Longman Inc.

Hamalik, Oemar. 2010. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti.

Pateda, Mansoer. 1988. Linguistik: Sebuah Pengantar. Bandung: Angkasa

Sadilly, Hasan. 1977. Ensiklopedi Umum. Jakarta: Yayasan Kanisius.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.