21st CENTURY SKILLS MAHASISWA CALON GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Marheny Lukitasari, Jeffry Handhika, Wasilatul Murtafiah

Abstract


Salah satu keterampilan yang dibutuhkan untuk kemajuan bangsa dan negara adalah 21stCentury Skills (keterampilan abad 21). Keterampilan abad 21 perlu diintegrasikan atau bakhan dirancang (by design) dalam kegiatan pembelajaran. Pengembangan keterampilan abad 21 ini dirasa akan sangat membantu mahasiswa dalam menghadapi tantangan kehidupan baik di masa sekarang maupun masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan abad 21 mahasiswa calon guru dalam pembelajaran matematika. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan, tes, serta penyebaran angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif yang bersumber dari data-data angka yang diperoleh. Dari hasil penelitian diperolehbahwa keterampilan abad 21 mahasiswa calon gurudapat dilatihkan dalam pembelajaran matematika yang meliputi: .Saran dari penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan keterampilan abad 21 dapat dilakukan dengan mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran matematika.

Keywords


21st century skills; pembelajaran matematika

Full Text:

PDF

References


Al-Adwan a, Adwan A A- and Smedley J. 2013. Exploring students acceptance of e-learning using technology acceptance model in jordanian universities Int. J. Educ. Dev. Using Inf. Commun. Technol.9 4–18.

Ananiadou, K. and Claro, M. 2009. 21st Century Skills and Competences for New Millennium Learners in OECD Countries. OECD Education Working Papers, No. 41. Paris, OECDPublishing.

Miles, Matthew B; A Michael Huberman, Johnny Saldana. 2014.Qualitative Data Analysis A Method Sourcebook. Sage Publications Inc.

Murtafiah, W. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Calon Guru Matematika Dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Diferensial Ditinjau Dari Gender. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 2(1), 31–41.

Polya, George (1973).How to Solve It – A New Aspect of Mathematical Method (Second edition). New Jersey : Princeton University Press.

Suherman, Erman. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA UPI.

Sukmadinata, Nana S. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.