PENDIDIKAN BERBASIS LINGKUNGAN (ENVIRONMENTAL-BASED EDUCATION) DALAM PENGAJARAN SPEAKING (Classroom Ideas)

Dwi Rosita Sari, Agita Risma Nurhikmawati

Abstract


Speaking dalam pembelajaran bahasa Inggris dijadikan indikator keberhasilan pembelajaran, sehingga siswa yang cakap berbicara bahasa Inggris dianggap sebagai siswa yang menguasai bahasa Inggris. Oleh karena itu, pembelajaran speaking harus diupayakan menjadi satu pembelajaran yang menarik sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Kegiatan pembelajaran yang cenderung dilakukan didalam kelas membuat siswa merasa bosan. Artikel ini bertujuan untuk: (1) memberikan gambaran impelmentasi pendidikan berbasis lingkungan (environmental-based education) dalam pembelajaran Speaking (2) Mendeskripsikan jenis-jenis pendidikan berbasis lingkungan (environmental-based education) yang dapat meningkatkankemampuan berbicara siswa dalam pembelajaran Speaking. . Penelitian ini akan dilakukan di SMK Se-Kota Madiun. Populasinya adalah siswa SMK Se-Kota Madiun. Peneliatian ini termasuk penelitian Research and Development (R&D).

Keywords


Environmental-Based Education Teaching Speaking; Vocational School Students

Full Text:

PDF

References


Berkes, F. 1993. Application of ecological economics to development: The institutional dimension. Proceedings of a Workshop. IREE/CIDA, Ottawa, pp. 61-71

Berkes, F. 1993. Traditional ecological knowledge in perspective. In: Traditional Ecological Knowledge: Concepts and Cases. (J.T. Inglis, ed.). Canadian Museum of Nature/International Development Research Centre, Ottawa, pp.1-9.

Dongsong, Z. (2005). Interactive Multimedia_based E-Learning: A Study of Effectiveness. The American Journal of Distance Education. New York: Lawrence Erlbaum Association, Inc.

Nunan, D. (1989). Designing Tasks for the Communicative Classroom. Cambridge: Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.