KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PETA PIKIRAN BERBASIS MICROSOFT SWAY PRESENTATIONS PADA MATA KULIAH BAHASA INDONESIA MAHASISWA UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Ermi Adriani Meikayanti, Muhammad Binur Huda

Abstract


Salah satu cara agar tulisan yang dikembangkan menjadi sistematis adalah penggunaan peta pikiran. Pada era multimedia yang berbasis daring saat ini, penggunaan presentasi sway juga mendukung penggunaan peta pikiran dalam pembelajaran menulis khususnya. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan peta pikiran pada organisasi tulisan ilmiah dan keefektifan microsoft sway pada presentasi tulisan ilmiah mahasiswa Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan fenomena pada subjek penelitian yaitu mahasiswa Universitas PGRI Madiun semester II prodi PBSI. Data penelitian berupa data kualitatif dengan sumber data primer yang dikumpulkan dengan teknik wawancara. Teknik validasi data yang digunakan adalah triangulasi metode dan penyidik. Triangulasi metode dilakukan dengan membandingkan data yang diperoleh melalui observasi dan analisis dokumen. Selain itu, digunakan triangulasi penyidik dilakukan dengan cara membandingkan hasil pekerjaan analisis satu dengan analisis lain. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif. Analisis model interaktif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah organisasi tulisan ilmiah dengan peta pikiran dan presentasi tulisan ilmiah dengan microsoft sway terbukti sangat efektif.

Keywords


keefektifan; peta pikiran; microsoft sway presentations

Full Text:

PDF

References


Bobbi DePorter dkk. 2003. Quantum Teaching: Mempraktekkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Lexy J. Moleong. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Matthew B. Milles dan A. Michael Hubermen. 1994. Analisis Data Kualitatif. (Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI Press.

Sway. (https://www.microsoft.com/en-us/store/apps/sway/9wzdncrd2g0j, diunduh pada Jumat, 20 Mei 2016, pukul 21.00 WIB).

Tony Buzan. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Cetakan Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wycoff Joyce. 2002. Menjadi Superkreatif dengan Pemetaan Pikiran. Terjemahan. Bandung: Penerbit Kaifa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.