PROFIL PEMAHAMAN KONSEP TINGGI MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN ANALISIS NUMERIK MELALUI PENGGUNAAN MATLAB

Davi Apriandi, Reza Kusuma Setyansah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil pemahaman mahasiswa dalam menentukan nilai sistem persamaan linier metode jacobi menggunakan program MATLAB. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester VII program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi. Analisis data dengan menggunakan hasil observasi pada pertemuan pertama dan kedua. Kredibilitas atau derajat kepercayaan pada penelitian ini adalah dengan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mahasiswa dengan pemahaman konsep tinggi: (1) memiliki pemahaman yang baik dalam mengklarifikasi perintah yang akan dipergunakan; (2) memiliki kemampuan eksekusi perintah yang sesuai dalam setiap urutan perintah; (3) memiliki kemampuan membedakan perintah sesuai yang dipergunakan pada setiap permasalahan dan (4) memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tepat dalam menggunakan perintah.

Keywords


Profil; Pemahaman Konsep; Analisis Numerik; Matlab

Full Text:

PDF

References


Anderson, L.W., et al., 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Anderson, L.W. & David R. Krathwohl. 2010. Terjemahan. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Revisi Taksonomi Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Cetakan ke-15. Jakarta: Rajawali Press.

Arturo, Chávez, Patricia & Antonio. 2012. Student’s attitude toward Computer and Mathematics, Interaction and Engagement in the teaching-learning process: Empirical study on Accounting, Management, Economy, International Commerce and Marketing undergraduate students. 2 (4). 1-11.

Hamalik, Oemar. (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ormrod, Jeanne Ellis. (2008) Psikologi Pendidikan Jilid II. Jakarta. Erlangga.

Ronis, D.L. (2008). Problem-based Learning for Math & Science; Integrating Inquiry and the Internet. California: Corwin Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.