PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PARAGRAPH WRITING PADA PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS PROJECT BASED LEARNING DENGAN KONSEP GRAPHIC ORGANIZER

Tri Wahyuni, Sri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pengunaan bahan ajar paragraph writing berbasis Project Based learning dengan konsep Graphic Organizer pada mahasiswa semester dua prodi Pendidkan Bahasa Inggris Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan strategi penelitian kualitatif Case Study Research (CSR) atau penelitian studi kasus. Teknik sampling ini adalah menggunakan non probability sampling (teknik pengambilan sampel yang tidak memberi peluang/ kesempatan sama bagi setiap unsur/anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Data dikumpulkan melalui observasi, pembagian angket/ kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Pembelajaran paragraph Writing dengan menggunakan bahan ajar berbasis Project Based learning dengan konsep Graphic Organizer dapat membantu mahasiswa dalam menulis terutama untuk menggali ide pada tahap prewriting, (2) Bahan ajar berbasis Project Based learning dengan konsep Graphic Organizer menarik karena materi tersusun rapi dan adanya beberapa jenis Graphic Organizer yang diaplikasikan dalam paragraf, (3) pengunaan bahan ajar paragraph Writing berbasis Graphic Organizer dapat mengembangkan kemampuan menulis mahasiswa.

Keywords


Pembelajaran Paragraph Writing; Graphic Organizer; Project Based learning

Full Text:

PDF

References


Gregory, Gayle H.& Caroline Chapman. 2007. Diffrentiated Instructional Strategies One Size Doesn’t Fit All New Delhi: Corwin Press

Hall Trafes & Nicole Strangman. 2002. Graphic Organizers Wakefiel, MA: National Center on Accessing the General Curriculum

Hibbard, Michael & Elizabeth Awagmen: 2003. Assesing and teaching Reading Comprehension Prewriting K-3 Vol 1. London &New York: Routledge Taylor & Francis Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.