PERUBAHAN PERAN PEREMPUAN KAPUK TAPELAN KABUPATEN BOJONEGORO (KAJIAN FEMINISME-EKONOMI)

Khoirul Huda, Anjar Mukti Wibowo

Abstract


Pada zaman dahulu perempuan diprioritaskan dengan urusan rumah. Hal ini dikarenakan tidak mungkin melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan tenaga. Pandangan tersebut tidak selalu benar, seperti kondisi perempuan Kapuk Tapelan Kabupaten Bojonegoro. Metode penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data melalui wawancara, dan data sekunder analisis dokumen dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga bentuk peran perempuan Kapuk dalam sektor ekonomi publik: 1). Sektor publik utama yaitu berjualan Kapuk dengan cara ngreyeng, 2). sektor publik sekunder adalah dengan memelihara ternak dan berladang, 3). sektor wirausaha dengan jualan warung. Perempuan Kapuk merupakan mewakili gerakan feminisme ekonomi karena didorong oleh kebutuhan hidup.

Keywords


Peran; Perempuan Kapuk; Feminisme Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Miles Dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 2009. Jakarta : Universitas Indonesia.

Prastowo, A. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Silalahi, U. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R&Df. Bandung: Alfabeta.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta. Universitas Sebelas Maret.

Teguh, M. 1999. Metodologi Penelitian Ekonomi Teori Dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Widayani, N. M. D. Dan Hartati, S. 2014. Kesetaraan Dan Keadilan Gender Dalam Pandangan Perempuan Bali: Studi Fenomenologis Terhadap Penulis Perempuan Bali. Jurnal Psikologi UNDIP. Volume 13 Nomor 2 Oktober 2014: 149-162.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.