KENDALA-KENDALA BELAJAR YANG DIHADAPI SISWA MENTAL RETARDATION DI SDN KEDUNGPUTRI 2 (Study Kasus di SDN Kedungputri 2)

Melik Budiarti, Candra Dewi

Abstract


Penelitian ini berjudul Kendala-kendala belajar yang dihadapi siswa mental retardation di SDN Kedungputri 2 (Study Kasus Di SDN Kedungputri 2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala belajar yang dihadapi anakmental retardation di SDN Kedungputri 2, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Pengolahan datanya menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan study kasus yang memusatkan diri secara intensif. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap yaitu: 1) menentukan masalah penelitian: merupakan studi pendahuluan sebelum diadakan penelitian, 2) pengumpulan data merupakan tahap mengumpulkan data baik dari buku referensi, observasi lapangan, wawancara maupun dokumentasi, 3) melakukan analisis dan mengolah data yang sudah diperoleh kemudian menarik kesimpulan. Penelitian ini berlangsung dari bulan Januari 2017 sampai November2017 dan dilaksanakan di SDN Kedungputri 2 Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Jawa Timur dengansubjek penelitian yakni siswa kelas 3 dan kelas 4 Sekolah Dasar yang mengalami mental retardation. Metode yang dipakai dalam penelitian ini yaitu: 1) metode wawancara, yang dilakukan kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua; 2) observasi, dilakukan untuk mengetahui, mengamati secara langsung pembelajaran pada anak mental retardation di kelas dan perilaku anak mental retardation di sekolah; 3) dokumentasi, mengumpulkan hasil tugas anak mental retardation dan merekam proses pembelajarannya di kelas. Kendala belajar yang dialami siswa mental reatardation di SDN Kedungputri 2 adalah kurangnya kemampuan kognitif ditandai dengan kemampuan memori yang lemah.kesulitan dalam berteman dan berpartisipasi dalam aktifitas social, kemampuan komunikasi yang lemah.

Keywords


mental retardation; sekolah dasar; kendala belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (1999). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmadi, A.& Widodo, S. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Budiyanto, D. R.& Sujarwanto. (2010). Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Surabaya: Unesa.

Delphie, B. 2009. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Sleman: KTSP

Djamarah. (2003). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Hadari, N. (2003). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Hamalik, O. (2003). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta PT. Bumi Aksara.

Heward, W. L. 2009. Exceptional Children: An Introduction to Special Education. United State of America: Pearson Education

Kurnia, I., dkk. ( 2007 ). Perkembangan Belajar Peserta Didik. Jakarta: Perpustakaan Uhamka.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Vaughn, S., Candance, S, Boss & Schumm, J.S. (2000). Teaching Exceptional, Diverse and At-Risk Students in the General Education Classroom. USA: Allyn & Bacon


Refbacks

  • There are currently no refbacks.