ANALISIS PENGARUH KUR TERHADAP SUSTAINABILITYPROFIT DENGAN LOKASI USAHA SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA UMKM DI KABUPATEN NGAWI

Muhamad Agus Sudrajat, Liliek Nur Sulistiyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris bahwa Kredit Usaha Rakyat (KUR) berpengaruh terhadap sustainability profit dan untuk membuktikan secara empiris lokasi usaha dalam memoderasi antara kredit usaha rakyat terhadap sustainability profit pada UMKM di Kabupaten Ngawi. KUR merupakan kredit atau pembiayaan kepada UMKM dalam bentuk pemberian modal kerja dan investasi yang didukung fasilitas penjaminan untuk usaha produktif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian Kabupaten Ngawi. Sampel dipilih sebanyak 53 responden dengan menggunakan metode purposive random sampling pada Industri Unggulan Tempe dan Keripik Tempe di Desa Karang Tengah Prandon (Dusun Cabean, Dusun Prandon dan Dusun Sadang) Kabupaten Ngawi. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah field research. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi). Sedangkan untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t dan koefisien determinasi (R²) dengan perhitungan statistik regresi linier berganda.yaitu: SP = α + β1 KUR + β2 LU + β3 KUR*LU+ e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, KUR berpengaruh signifikan terhadap sustainability profit, sedangkan lokasi usaha tidak dapat memoderasi hubungan antara KUR terhadap sustainability profit pada UMKM Industri Unggulan yang ada di Kabupaten Ngawi.

Keywords


Kredit Usaha Rakyat (KUR); Sustainability Profit; Lokasi Usaha; UMKM

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Cooper, Donald R. & Pamela S. Schindler. 2003. Business Research Method. Eight Edition. Mc Graw Hill

Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Ngawi

Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Februari.

http://www.ojk.go.id/Arahkan-IJK-Dukung-Program-SustainableDevelopmentdanhttp://tn2kp.go.id(diakses 05 Mei 2016)

Idris, I. 2010. “Kajian Dampak Kredit Usaha Rakyat (KUR)”. Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM.

Kamus Besar Bahasa Indonesia

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (2008). Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Menurut UU No. 20 Tahun 2008. Tersedia: www.depkop.go.id (diakses 05 Mei 2016)

Obamuyi, T. M. 2009. “Credit delivery and sustainability of microcredit schemes in Nigeria". Journal of Enterprising Communities: People and Places in the Global Economy. 3(1), 71 – 83. Emerald Group Publishing Limited.

Sekaran, U. 2013. MetodologiPenelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Sholihat, B 2013. Apa Itu Sustainability?? Be Sustainable Indonesia. FacebookUpdate 7 April. (diakses 05 Mei 2016)

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta

Wu, J., Song, J., & Zeng, C. 2008. An empirical evidence of small business financing in China. Journal ofManagement Research News. 31(12), 959 – 975. Emerald Group Publishing Limited.

Yoseva., & Syarif, T. 2010. “Kajian Kemanfaatan Bantuan Perkuatan Untuk Usaha Mikro, Usaha Kecil Dan Usaha Menengah (UMKM)”.Jurnal Pengkajian Koperasi dan UKM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.