PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN MAHASISWA UNIPA SURABAYA

Mimas Ardhianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengkaji penerapan model Problem Based Instruction (PBI) pada mata kuliah Penyuntingan mahasiswa Unipa Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Data yang diperoleh berupa hasil belajar mahasiswa. Instrumen yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil yang diperoleh kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan penghitungan statistik populasi kelas eksperimen dan kelas kelompok dinyatakan bervarians yakni kelas eskperimen 0,872 dan kelas kontrol 1,320. Data dari hasil penilaian mahasiswa memiliki nilai rata-rata kelas eksperimen 8,86 dan kelas kontrol 6,29. Simpulan dari penelitian maka kegiatan menyunting akan lebih baik jika diterapkan dengan model pembelajaran yang sesuai seperti PBI dalam kegiatan belajar-mengajar.

Keywords


Model Prolem Based Instruction; penyuntingan

Full Text:

PDF

References


Barrows, S. H and Tamblyn, R. 2014. Problem Based Learning: An Aproach to Medical Education. United States: Springer Publishing Co Inc.

Creswell. J W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. 2008. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kurniasih, I & Sani, B. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suryani, N. dan Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengjar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Zubaedi. 2011. Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana


Refbacks

  • There are currently no refbacks.