PENGGUNAAN MEDIA E-LEARNINGBERBASIS EDMODO DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI

Fida Rahmantika Hadi, Vivi Rulviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penggunaan edmodo dalam pembelajaran geometri pada mahasiswa semester 4 prodi PGSD Universitas PGRI Madiun. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen matematika dan mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran geometri dengan memanfaatkan edmodo sebagai media e-learning membantu kelancaran proses belajar mengajar di kelas. Selain itu pembelajaran geometri dengan menggunakan media edmodo membuat pembelajaran matematika lebih menarik dan interaktif bagi mahasiswa serta membuat pembelajaran di kelas menjadi tidak membosankan.

Keywords


e-learning; Edmodo; geometri

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2013. Media Pembelajaran, Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Nurita Putranti. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online Menggunakan Edmodo. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 2(2).Hlm. 141.

Oemar Hamalik. 2011. KurikulumdanPembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Seamolec.2013. Buku Sumber Simulasi Digital. Jakarta: Seamolec.

Sugiyono. 2012. MetodePenelitianKuantitatifKualitatif& RND. Bandung: Alfabeta

Zhang, D., Zhou, L., & Briggs, R. 2006. Instructional video in e-learning: Assessing the impact of interactive video on learning effectiveness. Information &Management.Vol.43.Issue 1. p. 15-27.

Zwang, J. 2010. Edmodo:A Free, Secure, SocialNetworking Site For School. (Online), http://www.eschoolnews.com/2010/12/15/edmodo-a-free-secure-socialnetworkingsitefor-school/. Diakses 8 Desember 2016)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.