PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN MAHASISWA (LKM) BERORIENTASI CHARACTER BUILDING PADA MATAKULIAH ANALISIS VEKTOR

Edy Suprapto, Davi Apriandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKM dan mendiskripsikan tingkat validitas, kepraktisan dan keefektifan LKM berorientasi character building pada mata kuliah analisis vektor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada fase yang dikembangkan oleh Fenrich, yaitufase: analysis, planning, design, development, implementation, evaluation and revision. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, tes, dan penyebaran angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif (mixing method). Hasil penelitian diperoleh: 1) Perangkat pembelajaran berupa LKM berorientasi Character Bulding ;2) LKM yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan dengan rata-rata skor penilaian LKM sebesar 3,78 (kriteria baik); 3) LKM memenuhi kriteria kepraktisan, dimana validator memberikan kelayakan terhadap LKM dan adanya respon positif dari 93% mahasiswa; 4) LKM yang dikembangkan dikatakan efektif dimana persentase ketuntasan belajar mahasiswa sebesar 83%.

Keywords


LKM; Character Building; Analisis Vektor

Full Text:

PDF

References


Pala, A. 2011. The Need For Character Education. International Journal Of Social Sciences And Humanity Studies, Vol.3 No.2, ISSN: 1309-8063

Ali Ibrahim Akbar. 2000. Pendidikan Karakter. USA : Harvard University.

Fenrich, P. 2007. Practical Guidelines for Creating Instructional Multimedia Applications. Fort Worth: The Dryden Press Harcourt Brace College Publishers.

Van den Akker. 1999. Principles and Method of Development Research. London.Dlm. van den Akker, J., Branch, R.M., Gustafson, K., Nieveen, N., & Plomp, T. (pnyt.)”. Design approaches and tools in educational and training.Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Nursalam. 2003. Konsep & Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta. Salemba Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.