PELATIHAN KETERAMPILAN BUDIDAYA KROTO UNTUK PEMBERDAYAAN KEMANDIRIAN EKONOMI ORANG MENTAL RETARDATION DI “KAMPUNG IDIOT” DESA SIDOHARJO, KECAMATAN JAMBON, KABUPATEN PONOROGO

Melik Budiarti, Candra Dewi, Dian Permata Kusuma Dayu

Abstract


Orang dengan mental retardation merupakan orang yang memiliki fungsi intelektual dibawah normal, dan secara bersamaan mengalami hambatan terhadap perilaku adaptif. Kapasitasnya dalam belajar sangat terbatas, apalagi yang bersifat abstrak dan sangat terbatas dalam mempelajari hal-hal yang baru. Mereka lebih banyak belajar dengan cara membeo (rote learning) dari pada dengan pengertian dan pemahaman. Karakteristik umum yang lain adalah mereka cenderung cepat lupa, susah di dalam berkreasi serta mempunyai rentang perhatian yang pendek. Memberdayakan orang dengan kemampuan seperti diatas tidaklah mudah, diperlukan pelatihan ketrampilan yang harus disesuaikan dengan karakteristik yang dimilikinya. Pola pelatihan yang cocok untuk mereka addalah pelatihan yang langsung melakukan praktek nyata. Pelatihan dan sekaligus praktek langsung tersebut dipandu oleh narasumber dan dibawah pengawasan sukarelawan. Tujuan dari pelatihan yang sekaligus praktek langsung dimaksutkan untuk mengurangi resiko kerugian dan terpenuhinya target yang diharapkan. Target yang diharapkan dari ini adalah kemandirian ekonomi orang dengan mental retardation. Dengan terpenuhinya target ini maka mereka tidak mengantungkan hidupnya lagi lewat bantuan orang lain

Keywords


Mental Retadation; Kampung idiot; budidaya kroto

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, Djaja Rahardja & Sujarwanto. 2010. Pengantar Pendidikan Luar Biasa. Surabaya: Unesa.

Heward, William L. 2009. Exceptional Children: An Introduction to Special Education. United State of America: Pearson Education

Kaplan, Harold I, Grebb, Jack A. 1997. Sinopsis Psikiatri, Jilid 2. Jakarta: Binarupa Aksara

Vaughn, Sharon, Candance S, Boss & Jeanne Shay Schumm. 2000. Teaching Exceptional, Diverse and At-Risk Students in the General Education Classroom. USA: Allyn & Bacon

Rochjadi, hasan. 2016. Modul Guru Pembelajaran SLB Tunagrahita Kelompok Kompetensi H. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan

Puskur. 2007. Kajian Kebijakan Kurikulum Keterampilan. Dekdikbud

Parmeter, Trevor. 2011. Promoting Training and Employment Oppurtunities for People with intelectul diasabilities: International Experience. Switzerland: International Labour Organization 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.