PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MAHASISWA

Inung Diah Kurniawati, Sekreningsih Nita

Abstract


Fisika mempelajari tentang sesuatu yang konkret dan dapat dibuktikan secara matematis. Tidak sedikit dari mahasiswa yang beranggapan bahwa mata kuliah fisika itu sulit dan menakutkan. Oleh karena itu, anggapan negatif ini perlu dihilangkan dan perlu diubah pola pikir mahasiswa tentang anggapan negatif ini. Walaupun selama ini pembelajaran mata kuliah fisika sudah memanfaatkan teknologi, tetapi pemanfaatannya belum optimal.Untuk itu, diperlukan suatupembelajaran mata kuliah fisika yang tepat sehingga mahasiswa memiliki motivasi yang tinggi terhadap mata kuliah fisika.Salah satu cara yang perlu dilakukan adalah dengan pemilihan model pembelajaran sesuai dengan karakteristik mata kuliah dan penggunaan media pembelajaran. Penelitian dilakukan di Program studi Teknik Informatika, Universitas PGRI Madiun. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang mengkaji dan merefleksikan beberapa aspek dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasidan tes. Data Pemahaman konsepmahasiswa dilakukan analisis terhadap aspek kognitif. Analisis datadilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatkan pemahaman konsep mahasiswa dari tiap siklus. Hal ini terlihat pada peningkatan gain score dari siklus 1 sebesar 0,3 menjadi sebesar 0,87 pada siklus 2. Gain score tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan kualitas pemahaman mahasiswa terhadap materi.

Keywords


pembelajaran fisika; multimedia interaktif; pemahaman konsep

Full Text:

PDF

References


Dahar, R. W. 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Dirjrn P2LPTK

Ferawati. 2011. Model Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Generik Sains Guru Fisika pada Topik Fluida Dinamis. Proseding Penelitian Bidang Ilmu Eksakta 2011, (2011),hal: 1-10

Gunawan, dkk. 2014. Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Fisika dan Implikasinya pada Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Pijar MIPA, Pol. IX No.1, hal: 15 - 19.

Kadir, A dan Triwahyuni.(2003). Teknologi Informasi.Yogyakarta : Kanisius.

Kemmis dan Mc Taggart. 1988. Action Research-some ideas from The Action Research Planner, Third edition, ed. Deakin UniPersity.

Liao, Y.K. 1992. Effects of Computer-assisted Intruction on CognitiPe Outcomes : A Meta Analysis. Journal of Research on Computing in Education, 24

Prastika, L R., dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Berbasis Komputer Model Instructional Games terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Prosiding Simposium Nasional InoPasi Pembelajaran dan Sains 2011 (SNIPS 2015) Bandung, (2015): hlm 397-400.

Santyasa, I.W. 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kooperatif. Makalah dalam Pelatihan tentang Pembelajaran dan Asesmen InoPatif bagi Guru-Guru Sekolah Menengah, Nusa Penida.

Sriyani, I. 2012. Penerapan Model Blended e-learning Pada Matakuliah Pendahuluan Fisika Zat Padat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2012, Palembang 26 Juni 2012.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Media Pembelajaran.(online). (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/01/12/konsep-media-pembelajaran/). Diakses 1 Mei 2016.

Sutopo, Hadi. 2008. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Multimedia. Tersedia : http://www.topazart.info/teks_teaching/mat/flash/tutorialBahanAjarMultimedia.Pdf

Suyanto, M.2003. Multimedia Alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing .Yogyakarta: Andi.

Wiyono, K., dkk. 2009. Model Pembelajaran multimedia Interaktif RelatiPitas Khusus untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Makalah Seminar Nasional Pendidikan di FKIP UniPersitas Sriwijaya Palembang, (2009): hal: 1-12.

Yuliati, L. 2005. Pengembangan Program Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Awal Mengajar Calon Guru Fisika. Disertasi Tidak Diterbitkan. Bandung: Program Pascasarjana UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.