PERAN KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DIFABEL

Tyas Martika Anggriana, Asroful Kadafi, Rischa Pramudia Trisnani

Abstract


Keterampilan sosial pada Anak Berkebutuhan Khusus sangat penting. Siswa Difabel yang memiliki keterampilan social tinggi akan memiliki kepercayaan diri tinggi dan mudah bersosialisasi dengan lingkungnya. Namun, dalam kenyataan banyak diketemukan anak difabel yang memiliki keterampilan social rendah. Dari kasus ini perlu adanya treatment kusus yang bisa dimulai dari pendidikan formal untuk meningkatkan keterampilan social siswa difabel. Konselor sebagai salah satu personel sekolah dipandang sangat tepat sebagai tokoh yang mampu membantu menumbuhkan keterampilan sosial siswa difabel. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh Konselor sekolah bisa menggunakan teknik shaping untuk menumbuhkan keterampilan social sesuai hasil penelitian yang dilakukan Anggriana, dkk (2017). Penelitian ini menunjukan hasil, bahwa teknik shaping mampu meningkatkan keterampilan sosial.

Keywords


Konselor; Keterampilan Sosial

Full Text:

PDF

References


Adiyanti, M.G. 1999. Skala Keterampilan Sosial. Laporan Penelitian. Yogyakarta:Fakultas PsikologiUniversitas Gajah Mada

Anggriana, dkk. (2017). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Difabel melalui Teknik Shapping. ….

Cartledge, G. & Milburn, J. F., 1995, Teaching Sosial Skill To Children And Youth, Allyn and Bacon, Boston.

Dowd, Tom dan O’kane, Susane. 1991. Effective Skills For Child-Care Workers. A Training Manual From Boys Town. New York Press

Eka, dkk. (2017). Peran Konselor dalam Menumbuhkan Semangat Kebangsaan melalui Tari Gawi di Ende Flores. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Madiun.

Hurlock, Elizabeth. B., 2005. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan edisi V. Jakarta: Erlangga

Maheza, Hanief, dkk. 2013. Efektifitas Teknik Shaping dalam meningkatkan Kemampuan Mengenal Nama-Nama Binatang Bagi AnakAutis X Kelas DII/C di SLB Perwari Padang. E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus).Vol. 2 No. 3. Hal. 560-571

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2005

Rubin, K. H., Bukowski, W., & Parker, J.G. 2006. Sosial, Emotional and Personality Development .Peer Interactins, Relationship & Group.Handbook Of Child Psychology Vol. 3(5th ed, hal 617-700). New York: John Wiley and Sons.

SKB Mendikbud dan Kepala BAKN No.0433/P/1993 dan No. 25 Tahun 1993 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.