PEMBELAJARAN BERBASIS RISET UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI PROFESIONAL MAHASISWA PADA MATA KULIAH GEOMETRI

Titin Masfingatin, Wasilatul Murtafiah, Ika Krisdiana

Abstract


Riset atau penelitian merupakan sarana penting untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2005 menyatakan, kedudukan guru sebagai tenaga profesional berfungsi untuk meningkatkan martabat guru serta perannya sebagai agen pembelajaran untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis riset dalam mengembangkan kompetensi profesional mahasiswa pada mata kuliah Geometri, sehingga dapat meningkatkan kompetensi lulusan program studi S-1 Pendidikan Matematika.Sesuai dengan permasalahan yang diteliti, maka metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengamatan, tes, dan penyebaran angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dari data-data angka yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwapembelajaran berbasis riset dapat mengembangkan kompetensi profesional mahasiswa pada mata kuliah geometri dengan tingkat ketercapaian sebesar 78,57%. Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan dosen dalam pembelajaran berbasis risetpada mata kuliah Geometri dilihat dari keterlaksanaan kegiatan dalam SAP sebesar 92,42%.Respon positif mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran berbasis riset pada mata kuliah Geometri sebesar 89,88%.

Keywords


Pembelajaran Berbasis Riset; Kompetensi Profesional

Full Text:

PDF

References


Padmavathy, R.D & Mareesh. K. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal. Vol-II, Issue-I, Jan -2013

Tangi, H. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Riset Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Kimia. JIPERA Vol 1 Jilid 1 2016.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Standar Kompetensi Guru Profesional.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Prahmana, R.C.I. 2015. Penelitian pendidikan Matematika Pembelajaran Berbasis Riset. Yogyakarta: Matematika.

Shadiq, Fajar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Makalah disampaikan pada Diklat Instruktur/Pengembang Matematika SMA Jenjang Dasar Tanggal 6 s.d 9 Agustus 2004 di PPPG Matematika.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.

UGM. 2010. Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset (PUPBR). Yogyakarta.

Undang-Undang RI Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.