PERANCANGAN APLIKASI MOODLE UNTUK PEMBELAJARAN STATISTIKA BERBASIS PRAKTIKUM APLIKASI SOFTWARE SPSS DENGAN BANTUAN MULTIMEDIA

Slamet Riyanto, Fatim Nugrahanti

Abstract


Perkembangan teknologi informasi juga memberikan manfaat positif untuk menunjang proses pembelajaran, salah satunya aplikasi pembelajaran Moodle. Moodle adalah sebuah nama untuk sebuah program aplikasi yang dapat merubah sebuah media pembelajaran kedalam bentuk web. Aplikasi ini memungkinkan siswa untuk masuk ke dalam “ruang kelas digital” untuk mengakses materi-materi pembelajaran. Dengan menggunakan Moodle, dosen dapat membuat materi pembelajaran, kuis, jurnal elektronik dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi moodle untuk pembelajaran statistika dengan mengkombinasikan antara teori dan praktik serta memanfaatkan aplikasi software SPSS dengan tutorial multimedia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran Moodle memberikan kemudahan bagi dosen dan mahasiswa untuk saling berdiskusi terkait dengan materi maupun tugas kuliah. Dosen juga lebih mudah untuk mengetahui aktivitas dan perkembangan belajar mahasiswa yang dapat diketahui dari keaktifan mahasiswa dalam forum aplikasi pembelajaran Moodle.

Keywords


media pembelajaran; statistika; multimedia; moodle

Full Text:

PDF

References


Prestasi Belajar Statistika pada Mahasiswa Psikologi. JurnalPsikologi. Volume 38, No. 1. Hlm. 82–91.

Hayat, Muhammad Syaipul; Anggraeni, Sri dan Redjeki, Sri. 2011. Pembelajaran Berbasis Praktikum Pada Konsep Invertebrata Untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, Vol. , No. 2. Hlm. 141-152.

Hodson, D. 1996. Practical Work in School Science: Exploring some directions for change. International Journal Science Education. Vol. 18. No. 7. Pp. 755-760.

Karwati. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistika Mahasiswa pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palu. ISTIQRA, Jurnal Penelitian Ilmiah, Vol. 3 No. 1. Hlm. 83-99.

Maria, Ulpah. 2009. Belajar Statistika: Mengapa dan Bagaimana?. JurnalPemikiran Alternatif Kependidikan. Vol. 14. No. 3. Hlm. 325-435

Sianturi, Jerri Jhonson. 2013. Perancangan Aplikasi Pembelajaran Statistika dengan Computer Based Instruction. Jurnal Pelita Informatika BudiDarma. Volume : IV, Nomor: 2, ISSN : 2301-9425. Hlm. 95-100

Aswadi, Alsa. 2012. Pengaruh Metode Belajar Team Assited Individualization terhadap

Carin, AA. 1997. Teaching Modern Science. (7 edition). Merril Printice Hall: New Jersey.

https://moodle.org/mod/forum/discuss.php?d=158093

Husaini, Usman. 2008. Pengantar Statistika. Yogyakarta: Sinar Grafika Offset.

Munir. 2013. Multimedia konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susetyo, Budi. 2012. Statistika untuk Analisis Data Penelitian. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.