KUALITAS BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SAVI PADA MATERI TEMBANG DOLANAN UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR SE-KARESIDENAN MADIUN

Panji Kuncoro Hadi, Endang Sri Maruti, Hartini Hartini

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa sekolah dasar sekaresidenan Madiun. Penelitian pengembangan ini merujuk pada metode 4-D. Penelitian dimulai bulan Februari 2017 sampai November 2017. Data penelitian berupa hasil validasi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, angket, dan tes nembang siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik validasi dan observasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses pengembangan bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun terdiri dari tiga tahap. Tahap tersebut adalah tahap pendifinisian, tahap tahap perancangan, dan tahap pengembangan; (2) buku ajar siswa berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun tingkat reliabilitasnya sangat tinggi, yakni 89,7%; dan (3) berdasarkan penghitungan, hasil t hitung sebesar 7,31, sedangkan t tabel sebesar 3,56. Karena t hitung> t tabel maka H1 diterima. Hal tersebut menyatakan bahwa bahan ajar berpendekatan SAVI pada materi tembang dolanan untuk siswa kelas IV SD di Karesidenan Madiun adalah efektif digunakan.

Keywords


pengembangan; bahan ajar; SAVI; tembang dolanan; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Amri. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Pengembangan : Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Derektorat SMP, Derektorat jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim, Muslimin.2001. Model Pembelajaran Perangkat Menurut Jerolg E. Kemp & Thiagarajan. Surabaya: Faculty of Matematics and Science University Assosiates.

Meier, Dave.2002. The Accelerated Learning Handbook. Bandung: MMU (Mizan Media Utama).

Riduwan. 2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Peneltian. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2003. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sitepu. 2012. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Bandung Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.