TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA JAWA KELAS IV SEKOLAH DASAR SE-KARESIDENAN MADIUN

Endang Sri Maruti, Rissa Prima Kurniawati

Abstract


Salah satu permasalahan yang muncul dalam pembelajaran Bahasa Jawa adalah ketika seorang siswa harus mampu memahami isi buku ajar yang digunakan guru di kelas. Banyak kata atau kalimat dalam buku ajar Bahasa Jawa yang sulit dipahami siswa karena terasa asing sehingga siswa tidak mengerti apa maksud dari kata atau kalimat tersebut. Berdasarkan hasil observasi awal, siswa kelas VI SD banyak yang belum mampu menguasai isi materi pada buku teks yang seharusnya digunakan untuk siswa kelas IV SD. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui seberapa sesuaikah buku ajar-buku ajar yang beredar dan yang telah digunakan di SD di Karesidenan Madiun dengan masing-masing jenjang kelas. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan Grafik Fry dan teknik Klos. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wilayah yang sudah menggunakan buku ajar yang sesuai dengan tingkat keterbacaannya adalah wilayah Kabupaten Madiun, Magetan, dan Ngawi, sedangkan ketiga wilayah yang lain yakni Kabupaten Pacitan, Ponorogo, dan Madiun Kota belum sesuai, karena terlalu tinggi, yakni untuk kelas 7 dan 8, hal itu berarti buku ajar itu sesuai untuk tingkat SMP.

Keywords


keterbacaan; buku ajar; Bahasa Jawa; sekolah dasar; kelas IV

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Chaniago, Sam Mukhtar et al. 1996. Aspek Keterpaduan dan Keterbacaan Wacana Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Kelas I SMU. Jakarta: IKIP Jakarta.

Depdiknas. 2000. Keterbacaan Kalimat Bahasa Indonesia dalam Buku Pelajaran SLTP. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Harjasujana, A.S. dan Mulyati Y. 1996. “Bahan Ajar Membaca dan Keterbacaan” dalam Membaca 2. Jakarta:Ditjen Dikdasmen.

Laksono, Kisyani, dkk. 2007. Membaca 2. Jakarta: Universitas Terbuka

Pranowo, Dwiyanto Joko. 2007. “Alat Ukur Keterbacaan Teks Berbahasa Indonesia” dalam http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/131764502/Artikel%20TESIS%20S2%20JOKO.pdf .Diunduh tgl 20 Januari 2016

Sulastri, I. 2008. “Teknik Isi Rumpang: Pemanfaatannya untuk Mengestimasi Keterbacaan Wacana” dalam Tridharma, Majalah Kopertis Wilayah IV Nomor 12 Tahun XX Juli 2008. Bandung: Kopertis IV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.