PENGEMBANGAN MEDIA JEMBATAN ZEBRA PADA MATERI SATUAN PENGUKURAN MATA PELAJARANMATEMATIKA SEKOLAH DASAR

Arum Dwi Rahmawati, Djoko Hari Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik media pembelajaran jembatan zebra untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi satuan penukuran, menguji kelayakan dan keefektivan media pembelajaran jembatan zebra untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi satuan penukuran. Penelitian pengembangan dilakukan dalam beberapa tahapan agar dapat menghasilkan produk yang valid dan dapat digunakan. Menurut Borg & Gall. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, angket dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalahstatistik deskriptif kualitatif. Hasil analisis kuantitatif kemudian dideskripsikan secara kualitatif.Berdasarkan hasil penilaian validator menunjukkan bahwa, kualitas media pembelajaran jembatan zebra memiliki kualitas baik, sehingga layak untuk digunakan dalam pembelajaran.Kepraktisan media pembelajaran jembatan zebra menurut keterlaksanaannya dalam pembelajaran, telah telaksana dengan baik oleh dosen, baik pada pertemuan 1, pertemuan 2, dan pertemuan 3 pada setiap kegiatan pembelajaran dan hambatan dalam pembelajaran telah diberikan solusi alternative yang mendukung peningkatan kegiatan pembelajaran.Keefektifan hasil tes belajar kognitif setelah menggunakan media pembelajaran jembatan zebradalam pembelajaran memiliki ketuntasan klasikal 100%.

Keywords


Pengembangan; jembatan zebra

Full Text:

PDF

References


Abin Syamsudin Makmun. 2004. Psikologi Kependidikan Perangkat sistem Pengajaran Moodul. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Borg & Gall, 1979. Educational Research: an introduction. New York: Longman, Inc

Daryanto, 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Kennedy, 1994. Guiding Childrens Learning of Mathematics. California: Wadsworth Publishing Company.

Wina Sanjaya, 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Jihad, Asep dan A. Haris, 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Persindo.

Muslimin Ibrahim. 2001. Pengembangan Perangkat pembelajaran. Jakarta: Depatemen Pendidikan Nasional.

Sadiman, Arif. 1996. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta; Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Riduwan. 2006. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Rus Effendi. 1997. Pendidikan Matematika 3. Jakarta: Universitas Terbuka

Zaenal Arifin. 2009. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.