TEKNIK CARAOUSEL BRAINSTORMING UNTUK KELAS PARAGRAPH WRITING

Sri Lestari, Tri Wahyuni Chasanatun

Abstract


Menulis adalah suatu hal yang menyenangkan ketika seseorang memiliki ide yang tepat dan sesuai, serta mengetahui langkah awal untuk memulai menulis. Proses menulis tersebut adalah planning (prewriting), drafting, responding, revising, editing, evaluating, and post writing (Seow in Richard and Renandya (2002: 315). Salah satu kendala mahasiswa dalam menulis adalah menggali ide sebelum memulai menulis. Hal ini bisa disiasati dengan cara pemilihan teknik mengajar yang tepat untuk mengoptimalkan mahasiswa dalam menulis. Dalam penerapan proses menulis yang efektif, dosen dapat memanfaatkan teknik Carousel Brainstorming. Rubel (2001) menekankan bahwa Carousel brainstorming memudahkan guru untuk memberikan kesempatan pada siswa untuk mengeluarkan ide mereka dan juga berfikir mengenai apa yang mereka tahu tentang subtopik dari sebuah topik. Dengan adanya proses menulis yang teratur dapat membangun kepercayaan diri mahasiswa (Roberts, 2004:5).

Keywords


Paragraph writing; teknik Caraousel Brainstorming

Full Text:

PDF

References


Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: GP Press. Keraf, Gorys. 2007. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kemmis, S. 1982. Action Research in Restrospect and Prospect. Geelong: Deakin University

Lincoln and Guba.1985. Naturalistic Theory. Clifornia: Sage Publication, Inc.

Mc. Knight, Katherine. 2010. The Teacher’s Big Book of Graphic Organizer. San Fransisco: Josey Bass

Roberts, Jane. 2004. 25 Prewriting Graphic Organizer and Planning Sheet. New York: Jane ME Roberts.

Richards, J.C., & Renandya, W.A. 2002. Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Sousa, A.David. 2005. How the Brain Learns to Read. California: Corwin Press, Thousand Oak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.