VERBALABUSE PADA POLA KOMUNIKASI BERPACARAN MELALUI CHATTING PADA REMAJA PEREMPUAN

Rosita Ambarwati, Dwi Rosita Sari

Abstract


Bentuk kekerasan dalam suatu hubungan ada berbagai bentuk salah satunya adalah kekerasan verbal. Berdasarkan data komnas perempuan sejak tahun 2010 terjadi kekerasan dalam pacaran. Hal ini diperkuat oleh data statistik yang mengindikasikan bahwa remaja memiliki resiko yang lebih besar untuk terlibat dalam kekerasan dalam hubungan pacaran dibandingkan dengan orang dewasa (Women of Color Network, 2008), remaja yang usianya lebih muda, akan lebih sering menjadi korban kekerasan dibandingkan dengan remaja dengan usia yang lebih tua. Artikel ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan wujud tuturan berbahasa remaja putri pada saat berpacaran dan berkomunikasi melalui chatting (2) Menggambarkan pelaksanaan prinsip kerja sama dan kesantunan pada komunikasi remaja putri pada saat berkomunikasi di media chatting, (3) Mendeskripsikan bentuk kekerasan verbal yang dialami remaja putri pada saat berpacaran lewat media chatting. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengambil desain studi kasus. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode simak dan catat. Hasil penelitian ini berkontribusi pada dunia pendidikan khususnya sekolah serta pemegang kebijakan pembuat kurikulum sehingga dapat melindungi perempuan khususnya remaja putri dari kekerasan verbal.

Keywords


Verbal Abuse; Remaja Putri; Berpacaran; Chatting

Full Text:

PDF

References


Austin, J.L. 1962. How to Do Things With Words. Oxford: Oxford University press.

Brandom, Robert. 2008. Between Saying and Doing. New York; Oxford University Press.

Brown, penelope dan Stephen C. Levinson. 1987. Politeness: Some Universals in Language Usage. New York: Cambridge University Press.

Brown, Roger dan Albert Gilman. 1968. The Pronouns of Power and Solidarity, dalam Joshua A. Fishman (ed) Readings in the Sociology of language. The Haque: Mouton & Co. N.V. Publishers, halaman 252-275

Cummings, Louise. 1999. Pragmatik Sebuah Perspektif Multidisipliner. Jogjakarta; Pustaka Pelajar

Gasdar. 1979. Pragmatics: Implicature, Presupositions and Logical Form. New York: Academic Press.

Gunawan, Asim. 2007. “Implikatur dan Kesantunan Berbahasa: Beberapa Tilikan dari sandiwara Ludruk”

Grice, H. Paul. 1967,1975. Logic and Conversation, Dalam Peter Cole dan Jerry Morgan (eds) Syntax and Semantics, vol 3: Speech Acts. New York; Academic Press

Ibrahim, Syukur. 1993. Kapita Selekta Sosiolinguistik. Surabaya; Usaha Nasional

Jacob L. Mey. 1994. Pragmatics An Introduction. Cambridge USA; Blackwell

Jurnal Pragmatics. 2011. Politeness as a strategy of attack in a gendered political debate—The Royal–Sarkozy debate. Volume 43, Issue 10, August 2011, Pages 2480-2488. Béatrice Fracchiolla.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.