PENGAPLIKASIAN PERMAINAN PAPAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MAHASISWA SEMESTER II IKIP PGRI MADIUN

Fitra Pinandhita, Rahardian Kusumawardhani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaplikasian permainan papan dalam meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa. Permainan papan diaplikasikan dengan menggunakan dadu dan beberapa orang-orangan kecil untuk berpindah (Hornby, 1995:126). Dengan diaplikasikannya permainan ini, juga memungkinkan mahasiswa untuk memperoleh pengalaman baru dalam mempelajariBahasa Inggris serta memberikan manfaat positif baik bagi dosen maupun mahasiswa. Pada kelas speaking, permainan papan menambah variasi pada pembelajaran dan meningkatkan motivasi untuk menggunakan bahasa Inggris bahkan pada siswa yang kurang aktif untuk berbicara, serta menciptakan suasana kelas yang hidup karena keaktifan mahasiswa dalam menyampaikan ide secara lisan menggunakan Bahasa Inggris (Buckbly, 1994: 82). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara, diari, dan dokumentasi selama proses pembelajaran untuk mengetahui kemampuan berbicara mahasiswa.Teknik analisis data meliputi Constant Comparative Method dan deskriptif statistik.Hasil dari Siklus I dan Siklus 2 menunjukkan bahwa: permainan papan pada mata kuliah berbicara dapat meningkatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai berbicara mahasiswa meningkat dari rata-rata Pra-tindakan 66,7 menjadi 70,64 pada Pasca tindakan 1 dan meningkat lagi mkenjadi 80,6 pada Pasca tindakan 2. Kedua, mahasiswa antusias, tertarik dan termotivasi sehingga hampir semuanya berperan aktif dalam kegiatan speaking.

Keywords


permainan papan; speaking skill; classroom action research

Full Text:

PDF

References


Criticos, C. 1996. Media selection. Plomp, T., & Ely, D. P. (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd edition. New York: ElsevierScience, Inc.

Carly, Schuna. 2010. The Advantages of Learning Games for Kids. Internet essol. http://w.w.w.livestrong.com

Djago Tarigan dalam St. Y. Slamet. 2008. Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS press.

Hornby, A S. 2005. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Oxford: Oxford University Press.

Ibrahim, H., Sihkabuden, Suprijanta, & Kustiawan, U. 2001. Media pembelajaran: Bahan sajian program pendidikan akta mengajar. FIP. UM.

Kemmis, S. 1982. Action Research in Restrospect and Prospect. Geelong: Deakin University

Lincoln and Guba.1985. Naturalistic Theory. Clifornia: Sage Publication, Inc.

Suharsaputra, Uhar. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wassid,Iskandar dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.