KEMATANGAN SOSIAL UNTUK MENUNJANG KESIAPAN ANAK MEMASUKI SEKOLAH DASAR

Dian Ratnaningtyas Afifah, Hermawati Dwi Susari

Abstract


Memasuki sekolah dasar merupakan salah satu fase yang penting dalam perkembangan anak. Fenomena di lapangan, kebanyakan orang tua hanya melihat bahwa anaknya siap untuk memasuki sekolah dasar dengan menitikberatkan pada kesiapan anak dalam bidang kognitif saja seperti kemampuan membaca, menulis dan berhitung. Akan tetapi jika memperhatikan proses pembelajaran di sekolah dasar, seyogyanya kesiapan disekolah tidak hanya didasarkan pada kesiapan kognitif saja, tetapi juga aspek psikologis lain, seperti emosi dan sosial anak. Hal ini dikarenakan, ketika anak memasuki sekolah dasar, lingkup sosial anak lebih luas, sehingga kematangan sosial dan emosi akan mempengaruhi anak dalam berinteraksi dan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi kematangan sosial usia SD Awal yaitu kelas 1 yang baru memulai pendidikannya di tingkat sekolah dasar. Pengukuran kematangan sosial menggunakan VSMS (Vineland Social Maturity Scale) sebagai data primer. Sementara data sekunder digali melalui wawancara pada guru dan orang tua subyek. Hasil penelitian menunjukkan kematangan sosial anak yang baru memasuki sekolah dasar memadai pada usianya. Aspek dalam kematangan sosial yang paling menonjol adalah SHG (Self Help General). aspek yang menunjukkan kematangan kurang signifikan adalah okupasi, yang berkaitan dengan kemampuan untuk melakukan pekerjaan rutin sederhana yang seharusnya bisa dicapai oleh anak-anak seusianya.

Keywords


anak SD; kognitif; psikologis; kematangan sosial

Full Text:

PDF

References


Chaplin, J.P. 1989. Dictionary of Psychology. New York : Dell Publishing Co.

Doll, F.A. (1965) Vineland Social Maturity Scale. American Guidance Service. Condensed Manual of Direction Minnesota.

Friend Marilyn. 2005. Special Education: Contemporary Perspectives for School Professionals, (New YORK: Pearson Education Inc.

Hurlock., E.B. 1998. Psikologi Perkembangan. Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga

Kustimah, dkk. 2008. Gambaran Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar Ditinjau dari Hasil Test N.S.T.

Laporan Penelitian Peneliti Muda UNPAD. Diakses melalui http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2009/08asesmen_klinis.pdf pada tanggal 27 April 2014

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Winarsunu, Tulus. 2002. Statistik Dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press


Refbacks

  • There are currently no refbacks.