PENGEMBANGAN BUKU AJAR MENULIS CERPEN BERORIENTASI PEMBENTUKAN KARAKTER KELAS VIII SMP N 2 MANTINGAN NGAWI

Asri Musandi Waraulia, Agung Nasrulloh Saputro

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menjelaskan proses pengembangan, kualitas, implementasi, dan efektivitas buku ajar menulis cerpen yang berorientasi pada pembentukan karakter. Penelitian ini mengacu pada model tahapan Borg dan Gall yang terdiri atas tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, tahap perencanaan, tahap pengembangan format produksi awal, tahap uji coba awal, tahap revisi produk, tahap uji coba lapangan, tahap revisi produk, tahap uji lapangan, tahap revisi produk akhir, dan desiminasi dan implementasi. Dua validator memvalidasi buku ajar dengan hasil yang menunjukkan bahwa buku ajar termasuk dalam kategori baik (persentase ≥ 75%). Hasil uji coba awal diujicobakan secara terbatas pada tujuh siswa kelas VIII dihasilkan angket siswa, wawancara guru, dan observasi pengamat. Nilai rata-rata siswa 80 saat uji coba lapangan. Dalam tahap observasi menyebutkan bahwa pembelajaran menulis cerpen yang berorientasi pada pembentukan karakter ini berhasil dan kelas sangat aktif. Efektivitas buku ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini diukur melalui dua indikator, yakni (1) keterlaksanaan RPP, (2) aktivitas siswa dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Berdasarkan kedua indikator efektivitas pengembangan buku ajar menulis cerpen yang berorientasi pada pembentukan karakter tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar menulis cerpen yang berorientasi pada pembentukan karakter efektif jika diterapkan pada pembelajaran menulis cerpen. Jadi dapat disimpulkan bahwa buku ajar menulis menulis cerpen yang berorientasi pada pembentukan karakter layak digunakan sebagai buku ajar menulis cerpen kelas VIII.

Keywords


Pengembangan, Buku Ajar, Menulis Cerpen, Karakter

Full Text:

PDF

References


Borg, Walter R dan Gall, Meredith D. 1983. Educational Research, Fourth Edition. Longman Inc.

Burhan Nurgiyantoro. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Doni A Koesoema. 2007. Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Henry Guntur Tarigan. 1986. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

M. Furkon Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Kadipura Surakarta: Yuma Pustaka

Punaji Setyosari. 2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Sabarti Akhadiah. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Bandung: ALFABETA.

Suharsimi Arikunto. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineke Cipta

Yahya Khan. 2010. Pendidikan Karakter Berorientasi pada pembentukan kreativitas. Yogyakarta: Pelangi Publishing


Refbacks

  • There are currently no refbacks.