Implementasi Pendekatan Realita dalam Local Wisdom

Nurul Wahyu Hidayati

Abstract


Pendekatan Realita berfokus pada melihat bagaimana seseorang mendapatkan atau mencapai kebutuhannya sesuai dengan prinsip Responsibility, Right, Reality. Teori realita dapat diterapkan baik secara individu maupun kelompok kepada siapa pun dengan masalah psikologis apa pun dalam konteks budaya apa pun. Tujuan Pendekatan Realita adalah membantu klien mempelajari cara yang lebih baik untuk memenuhi semua kebutuhan mereka, termasuk pencapaian, kekuasaan atau kontrol batin, kebebasan atau kemandirian, dan kesenangan. Pendekatan Realita perlu diterapkan secara berbeda dalam berbagai budaya dan harus disesuaikan dengan tingkat psikologis dan perkembangan yang disajikan oleh individu. Di tingkat daerah atau lokal, pendekatan realita dalam local wisdom seyogyanya diterapkan secara kontekstual untuk membangun pemahaman dan saling menghargai perbedaan nilai budaya dan asal-usul etnisitas dan atau suku bangsa sesuai dengan keadaan setempat.

 

Approach Reality about seeing how a person reaches or reaches his needs in accordance with the principles of Responsibility, Right, Reality. Reality theory can be applied individually or in groups to anyone with any problem what happens in any cultural context. The combined goal of Reality is helping clients to do better to meet all their needs, including achievement, responsibility, freedom or independence, and pleasure. The Reality Approach needs to be applied in various cultures and can be adapted to the psychological level and development shown by the individual. At the local or local level, the approach of reality in local wisdom should Implement contextually to build understanding and togetherness with other countries and countries

Keywords


Pendekatan Realita, Local Wisdom

Full Text:

PDF

References


Capuzzi,D., & Gross, D.R. 2011. Counseling and Psychoterapy: Theories and Intervention (5 th Edition). New Jersey: Merril Pretince Hall.

Corey, Gerald. 2013. Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy (9th Edition). California: Books/Cole.

F.X, Rahyono. Kearifan Budaya dalam Kata. Jakarta: Wedatama

Fajarini, Ulfah. 2014. Peranan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter. Jakarta: Jurnal Sosio Didaktika, 1(2). 123-130

Fall, K.A., Holden, J.M., & Marquis, A. 2004. Theoritical Models Counseling and Psychotherapy. New York: Taylor and Francis Books Inc.

Flanagan, J.S., & Flanagan, R.S. 2004. Counseling and Psychotherapy Theories in Context and Practice: Skills, Strategies and Techniques. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Hadi, Sutrisno. 2010. Metodologi Reseacrh. Yogyakarta: ANDI.

Hansen, J.C., Stevic R.R., & Warner, R.W., 1982. Counseling: Theory and Process. Boston: Allyn and Bacon, Inc.

Istiawati, Fitri Novia. 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Adat Ammatoa dalam Menumbuhkan Karakter Konservasi. Cendekia, 10(1). 1-18

Ivey, A.E., & Ivey, M.B. 2003. Intentional interviewing and Counseling. Belmont: Brooks/ColeThomson Learning.

Melalatoa, M. Yunus. 1995. Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia. Jilid A-Z. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ramli, M. 1994. Selayang Pandang Pendekatan Konseling Realitas. Bina Bimbingan. Th.9,No.1. Hal. 8-12.

Seligman, L. 2006. Theories of Counseling and Psychotherapy: Systems, Strategies, and Skills. Upper Saddle River: Merrill Prentice Hall.

Sharf, R.S. 2004. Theories of Psychotherapy and Counseling: Concepts and Cases. Singapore: Brooks/Cole-Thomson Learning.

Tumanggor, Rusmin. “Pemberdayaan Kearifan Lokal Memacu Kesetaraan Komunitas Adat Terpencil” dalam Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial. Vol.12. No.01, januari-April 2007. H.9-

Wubbolding, R.E. 1995. Reality Therapy Theory. Dalam Capuzzi, D., & Gross, D.R. Counseling and Psychotherapy: Theories and Interventions. Upper Saddle River: Merrill Prentice Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling) terindek oleh: